Harga Ikan Katombo dan Cakalang Stabil

0 6

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

PALU, MERCUSUAR – Harga ikan di pasar Kota Palu Sulawesi Tengah, kompleks Pasar Inpres Manonda Kelurahan Kamonji beberapa hari ini tidak mengalami perubahan harga.

Pantauan di pasar Inpres Manonda Palu Sulteng, Kamis (14/3/2019), harga Ikan Katombo di jual Rp 20 Ribu/9-10 ekor, harga jual yang lain Rp 20 Ribu/7-8 ekor sesuai ukuran ikan Katombo.

Sedangkan harga ikan Cakalang di jual kisaran Rp 20 Ribu samapi Rp 30 Ribu dari ukuran kecil hingga ukuran besar, harga ikan masih normal dibandingkan setelah gempa pada September 2018 lalu, harga ikan katombo dan Cakalang mengalami penurunan dikarenakan masyarakat takut untuk mengonsumsi Ikan.

 Sejak tiga pekan pasca gempa sampai saat ini masyarakat sudah kembali mengonsumsi ikan. Demikian hasil pantuan di Kompleks Pasar Inpres bahwa harga ikan beberapa hari ini masih stabil.

Menurut salah satu pedagang Ikan “Selama beberapa hari ini harga Ikan Katombo tidak mengalami perubahan, dikarenakan pemasok ikan tidak menaikkan harga ikan tersebut.”

Astin salah satu pembeli ikan katombo mengatakan bahwa harga ikan tidak mengalami kenaikkan dan penurunan harga beberapa hari ini. Menurutnya harga ikan di pasar relatif stabil, hingga tingkat daya beli masyarakat cukup tinggi untuk keperluan konsumsi sehari-hari.

Hal senada juga disampaikan Nurhayati, ia juga mengakui harga ikan di pasar tidak mengalami kenaikkan. Kata dia beberapa hari yang lalu, ia juga membeli ikan dengan harga yang sama.

‘’Saya biasa memasok ikan di Labuan Bajo Donggala, ada juga penjual ikan yang lain mengambil pasokan ikan dari Ampana, Pantai Barat, dan Parigi Moutong’’. Jelas  Accil salah satu penjual ikan Pasar Inpres.

Kata dia daya beli masyarakat kota Palu dan sekitarnya berbeda dengan sebelum gempa kemarin, biasanya laku 1 gabus 30-40 ekor. Pasca gempa sampai saat ini, laku hanya 20 ekor per hari. Dia juga menambahkan  agar masyarakat kota Palu dan sekitarnya tidak perlu khawatir mengonsumsi ikan. Menurutnya ikan yang di jual di pasaran aman dan layak untuk di konsumsi. MG 1

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish