Hari Ini, Ribuan Pesepeda Ikut Gowes Nusantara

0 70

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

TANAMODINDINDI, MERCUSUAR- Gowes Nusantara 2019 ajang andalan besutan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam menggalakkan olahraga kini menyambangi Kota Palu, Sulawesi Tengah. Gowes Nusantara etape Palu Bangkit Ayo Bergerak, Dimana Saja, Kapan Saja, Bersama Siapa Saja diyakini akan menjadi kebangkitan kota yang hancur akibat bencana gempa dan tsunami pada 28 September 2018 lalu.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Palu, Sumardi dihadapan tim Kemenpora yang dipimpin Sekretaris Deputi (Sesdep) Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Suryati dan Kepala Bidang Pengembangan Ruang Publik Olahraga Slamet Rahardjo mengatakan, bahwa Kota Palu kini sudah mulai menggeliat dan bangkit, hal itu dibuktikan dengan tingginya antusias warga untuk mengikuti kegiatan Gowes Nusantara ini.

“Bulan ini tepat satu tahun pasca terjadinya bencana. Kini Kota Palu mulai bangkit dengan kembalinya roda ekonomi, salah satunya dengan membludaknya peserta yang akan mengikuti gowes bersama pak wali kota, serta pejabat dan unsur Forkmpinda,” jelas Sumardi di Kantor Dispora Palu, Jumat (20/9/2019).

Dia mengungkapkan, hingga Kamis (20/9/2019) jumlah peserta yang akan mengikuti kegiatan itu sudah mencapai 1.750 orang. “Sebenarnya kami sudah tutup pendaftaran, namun saya minta tetap buka untuk sahabat kami yang datang jauh-jauh dari Kabupaten Toli-toli dan kabupaten terjauh lainnya,” ujarnya.

Sumardi mengatakan, Gowes Nusantara 2019 menjadi ajang olahraga terbesar pada tahun ini pascabencana, dan dia memprediksi 2.000 pesepeda dari Kota Palu, Donggala, Buol, Toli-toli, Banggai dan Sigi.

“Acara besok (hari ini, red) akan dihadiri oleh empat bupati dari sejumlah kabupaten di Sulteng. Bahkan peserta yang mendaftar datang dari tetangga kami kota Mamuju, Sulawesi Barat,” ujarnya.

Sementara, Suryati mengatakan iven yang masih dalam rangkaian peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ini sebagai salah satu cara Kemenpora RI menyehatkan masyarakat melalui pembudayaan olahraga.  Selain itu, iven juga akan menjadi momen kebangkitan ekonomi masyarakat, khususnya di wilayah yang ditimpah musibah.

Gowes Nusantara etape Palu menempuh jarak 15 kilometer, dengan rute dimulai dari Hutan Kota kemudian menuju Jalan Soekarno Hatta, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Veteran lalu memutar Jalan Balaikota. Kemudian Jalan Moh. Yamin, Jalan RA. Kartini, Jalan Wolter Monginsidi, Jalan Sultan Hasanudin, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Samratulangi, terus Jalan Yos Sudarso dan  kembali finish di Hutan Kota. ABS

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish