Harmoni Indonesia di Untad Eratkan Kebersamaan

  • Whatsapp
HLL

TONDO, MERCUSUAR – Ratusan orang hadir menyukseskan upacara Harmoni Indonesia 2018, yang dilaksanakan di Lapangan Universitas Tadulako (Untad), Minggu (5/8/2018). Untad merupakan salah satu universitas negeri di Indonesia yang ditunjuk menjadi pelaksana acara tersebut, yang dilaksanakan serentak secara nasional.

Penyelenggaraan Harmoni Indonesia ini diisi dengan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan. Harmoni Indonesia sendiri dilaksanakan dalam rangka merajut rasa kebangsaan menyambut HUT ke-73 Kemerdekaan RI, serta memberi semangat kepada atlit Indonesia yang akan mengikuti Asian Games 2018.

Berita Terkait

Adapun lagu kebangsaan yang dinyanyikan yakni, Indonesia Raya, Satu Nusa Satu Bangsa, Padamu Negeri, Rayuan Pulau Kelapa, Garuda Pancasila. Paduan suara yang menyanyikan lagu-lagu tersebut, tidak hanya disi oleh mahasiswa, tetapi juga melibatkan Rektor Untad, Kapolda, Bupati Donggala dan  pejabat di lingkungan Untad serta ratusan mahasiswa yang mengikuti upacara.

Pilihan Redaksi :  PDS PatKlin Cabang Palu Laksanakan Bakti Sosial

Pada kesempatan tersebut, ratusan peserta yang hadir, mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI, Joko Widodo, via telekonferensi. Presiden mengatakan, upacara Harmoni Indonesia dilaksanakan untuk memperingati, sekaligus untuk menyemarakan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-73 tahun.

“Kita juga memberikan semangat kepada atlit kita yang sebentar nanti akan berlaga di Asian Games 2018. Kita berharap Asian Games 2018 ini kita sukses mempersiapkannnya, sukses penyelenggaraannya dan sukses dalam prestasi atlit-atlit kita,” katanya.

Presiden mengharapkan, Harmoni 2018 dapat membangkitkan semangat persartuan rakyat Indonesia, kerukunan dan semangat kebangsaan. Menurutnya, hal tersebuat adalah aset terbesar bangsa Indonesia.

“Ini bisa kita semangati semuanya, agar kita sadar dan paham, bahwa persatuan kerukunan nasionalisme adalah aset terbesar bangsa kita,” tegasnya.

Pilihan Redaksi :  Hari Santri Nasional 2020 - Santri Tiga Ponpes Tulis Mushaf Alquran

Rektor Untad, Prof Dr Ir Muhammad Basir, SE, MS menyampaikan, kegiatan tersebut serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia, yang dipercayakan kepada 33 perguruan tinggi negeri (PTN).

“Alhamdulillah berkat kebersamaan, kita semua hadir ini sudah sama-sama baik, inilah ungkapan rasa bahagia dan rasa syukur sekaligus terima kasih kepada bapak ibu sekalian, yang sudah memeriahkan jalananya upacara harmoni Indonesia,”ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Rektor juga menyampaikan, hari ini, Senin (6/8/2018) akan dilaksanakan pembukaan Pengenalan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKBMB) Untad, di mana mahasiswa baru Untad tahun ini berjumnlah 10.248 orang. Selanjutnya, tanggal 16 Agustus nanti, PKKMB tingkat fakultas akan dilaksanakan di fakultas masing-masing.

“Anak-anakku selamat datang di Untad, jaga selalu nama baik almamater,”pesannya. JEF

Baca Juga