Hidayat Apresiasi Lahan Tidur Jadi Produktif

0 56

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

BUOL, MERCUSUAR – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulteng, Mohammad Hidayat Lamakarate, mengapresiasi program Kapolres Buol, AKBP Budi Priyanto, yang menjadikan lahan tidur menjadi produktif, berupa kebun aneka buah-buahan.
Hal tersebut dikatakan Hidayat saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Buol, dalam rangka rangka hari pangan sedunia Ke-38 tingkat Provinsi Sulteng, Rabu (26/9/2018).
Menurut Hidayat, program Kapolres Buol yang menggalakkan pemanfaatan lahan tidur berupa semak belukar ini sangat sesuai dengan tema Hari Pangan kali ini, yakni ‘Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan yang Berkelanjutan Menuju Sulteng Yang Maju, Mandiri, dan Berdaya Saing’.
Bukit buah ini menjadi sangat indah karena berisi aneka tanaman buah, padahal sebelumnya yang hanya semak belukar.
“Ini bisa menjadi contoh bagi instansi lain, agar memanfaatkan lahan yang ada,” kata Hidayat yag didampingi Asisten I Pemda Kabupaten Buol, Supangat beserta rombongan.
Menurut Hidayat, ide kapolres ini mirip dengan upaya yang pernah ia biat untuk memperindah Kota Palu.
“Tahun 2010 sampai 2012 Saya menanam pohon-pohon Angsana dan Terambesi untuk penghijauan kota,” ujarnya.
Pada kesempatan itu, Hidayat menanam bibit durian montong, di mana bibit diharap akan memperkuat kebersamaan antar anggota Polres dengan Masyarakat di Buol.
Sementara itu, Kapolres Buol AKBP Budi Priyanto mengatakan, bahwa bukit buah Polres Buol merupakan salah satu upaya pemanfaatan lahan tidur, sekaligus sebagai sarana hiburan untuk personil Polres Buol, maupun masyrakat yang ingin berkunjung.
Selain itu kata Kapolres, program ini dilakukan dengan memberdayakan tahanan Polres Buol.
“Jadi setiap tahanan Polres Buol, diwajibkan menanam di Bukit Buah ini dengan bibit yang telah kami sediakan. Mereka melakukan penanaman pohon sebelum diserahkan pada pihak kejaksaan setelah berkas perkaranya P-21,” jelas kapolres.
Menurutnya, program ini dilakukan untuk membangun kesadaran masyarakat, agar sadar akan pentingnya kelangsungan lingkungan hidup dengan melakukan penanaman pohon yang bermanfaat.
Dalam kunjungan itu, Hidayat Lamakarate juga melakukan penanaman secara simbolis berupa pohon Durian Montong di Bukit Buah Polres Buol itu.
Setelah menanam pohon buah, Sekprov Hidayat Lamakarate yang didampingi Kapolres beserta Pejabat Utama Polres Buol berkeliling mengunjungi Bukit Buah yang dikelola Sat Reskrim, Intelkam, Sat Lantas serta Sat Narkoba yang telah ditanami bermacam jenis pohon buah Setelah mengunjungi Kebun Buah Polres Buol, Sekdaprov bersama rombongan langsung menuju Kelurahan Kulango, untuk menghadiri peringatan Hari Pangan Sedunia tingkat Provinsi Sulteng. BOB

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish