HUT Kemerdekaan RI 2020, Minimalis Namun Istimewa

  • Whatsapp
HUT

PALU, MERCUSUAR – Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusli Dg Palabbi didampingi Kepala Biro Humas dan Protokol, Mohammad Haris Kariming, menghadiri rapat koordinasi (rakor) virtual persiapan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2020, dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), di ruang vidcon kantor Gubernur, Rabu (29/7/2020).

Rakor ini dipimpin oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri, Muhammad Hudori, yang dihadiri Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo, Sekjen Kementerian Komunikasi dan Informastika, Rosarita Niken Widiastuti, dan Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono.

Dalam sambutannya, Sekjen Kemendagri, Muhammad Hudori menyampaikan, rakor itu dilaksanakan guna menyamakan persepsi, dalam persiapan rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun 2020, baik di pusat maupun di daerah.

Pilihan Redaksi :  Polres Palu - 116 Personel Mengamankan Debat  Paslon Wali Kota

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono mejelaskan, sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo, mengenai peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini di tengah pandemi Covid -19, maka pelaksanaan upacara di Istana dilaksanakan secara minimalis.

“Namun tetap istimewa dengan menggunakan 3 orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka),” katanya.

Oleh sebab itu, Heru berharap pemprov, pemkab, dan pemkot, dapat menyesuaikan dengan ketentuan serta mengunduh petunjuk teknis pelaksanaan upacara melalui www.setneg.go.id.

“Pejabat yang hadir di Istana tidak lebih dari 7 orang pejabat negara,” jelas Heru.

Ia meminta kepada setiap kepala daerah, untuk mempersiapkan rangkaian HUT Kemerdekaan RI, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, mulai dari melakukan pemasangan atribut acara pada 1 Agustus 2020, seperti pemasangan bendera merah putih dan umbul-umbul, serta mensosialisasikan secara masif kepada seluruh masyarakat, agar melakukan sikap sempurna untuk menghormati detik-detik proklamasi.

Pilihan Redaksi :  Sigit Kaget Masih Ada Anak Putus Sekolah

“Dan mengkumandangkan lagu Indonesia Raya secara bersamaan pada saat kenaikan Bendera Merah Putih pada pukul 10.17 WIB pada tanggal 17 Agustus 2020,” ujar Heru.

Menanggapi hal itu, Wagub Rusli segera menindaklanjuti arahan dari pemerintah pusat untuk pelaksanaan HUT RI tahun ini, hasil rakor ini akan, kata dia segera dilaporkan kepada Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, untuk menjadi petunjuk bagi pemerintah daerah. BOB

Baca Juga