Ibu Berperan Aktif Dalam Penanganan Covid-19

  • Whatsapp
hari Ibu
PENYERAHAN HADIAH - Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Palu, Moh. Rifani menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba kebersihan Mombine 3G pada puncak peringatan  Hari Ibu tingkat Kota Palu, Rabu (16/12/2020). FOTO: ANDI BESSE/MS

BESUSU TIMUR, MERCUSUAR –  Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Palu, Moh. Rifani Pakamundi mengatakan, sejauh ini para ibu juga berperan dalam penanganan maslaah Covid-19. Hal itu dibuktikan dengan adanya perempuan yang turun langsung menjadi penggerak sosial untuk membangun kesadaran masyarakat di berbagai daerah, serta menyediakan makanan bagi masyarakat yang terdampak ekonomi akibat covid-19.

“Maka amat disayangkan apabila perempuan masih harus menghadapi berbagai ketimpangan, mulai dari mengakses, berpartisipasi, ikut menentukan arah, serta menikmati manfaat pembangunan,” ucapnya, pada acara puncak peringatan Hari Ibu tingkat Kota Palu yang berlangsung di Restoran Marannu, Rabu (16/12/2020).

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Penyintas Minta Perubahan KTP

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Palu menggelar acara puncak peringatan Hari Ibu ke-92 tingkat Kota Palu itu, dengan mengangkat tema “Perempuan Berdaya Indonesia Maju”.

Rifani yang membacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyampaikan bahwa peringatan Hari Ibu yang dirayakan setiap tahun merupakan bentuk penghargaan kepada perjuangan perempuan Indonesia dari masa ke masa. Dimana kongres Perempuan I di tahun 1928 adalah tanda perjuangan perempuan Indonesia dalam mengambil peran di setiap pembangunan yang ada di Indonesia.

Kondisi pandemi covid-19 saat ini, lanjutnya, menempatkan perempuan dalam situasi yang lebih rentan dalam hal ekonomi perempuan dan ketidaksetaraan gender, serta mengancam upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s).

Pilihan Redaksi :  Kasus Suap Mantan Bupati Balut- Tiga Penyuap Dituntut Penjara 30 Bulan

Namun kesulitan tersebut tidak menghentikan langkah para perempuan Indonesia untuk hadir di garda terdepan. Melalui Peringatan Hari Ibu ke-92 Tahun 2020 ini, Menteri P3A berharap perempuan-perempuan Indonesia sadar betapa berharganya mereka, sebab mereka tidak pernah berhenti merawat perjuangan para perempuan Indonesia di masa lalu.

“Untuk itu mari warnai Peringatan Hari Ibu dengan peran, kerja, karya nyata dari anda semua untuk Indonesia tercinta. Perempuan Berdaya, Indonesia Maju,” ujarnya.

Di lokasi puncak Hari Ibu tingkat Kota Palu juga diisi pameran produk perempuan dari setiap PKK kecamatan se-Kota Palu. ABS

Baca Juga