Inalum Berangkatkan SMN Sulteng ke Sumut

BHUN

0 104

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

PALU, MERCUSUAR -PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) selaku penanggung jawab kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang merupakan rangkaian dari kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) di Sulteng merealisasikan janjinya untuk memberangkatkan 23 pelajar berprestasi dari Sulawesi Tengah menuju Sumatera Utara (Sumut) pada Rabu (14/8/2019) pagi.
Koordinator SMN 2019 di Sulteng dari PT Inalum, Fajri Ramadhan, mengatakan materi kegiatan SMN adalah memberikan pemahaman kepada peserta bahwa Indonesia itu kaya akan kebudayaan, lintas pulau yang membentang terdapat ribuan kultur yang berbeda namun disatukan dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika.
“Dikenalkan tentang tradisi, kebudayaan, kearifan lokal disana. Menambah pengalaman, bahwa tujuannya adalah meningkatkan semangat kebangsaan, semangat kecintaan terhadap Indonesia,” tuturnya.
Keberangkatan para peserta SMN dari Sulteng, menurutnya akan disambut langsung oleh pihak BUMN lain sebagai PIC (penanggung jawab) SMN di Sumut, yaitu PTPN dan Perum Jasa Tirta serta pihak pemerintah Provinsi Sumut.
Masih menurut Fajri, peserta SMN dilindungi asuransi jiwa selama berlangsungnya SMN dengan tujuan mengantisipasi resiko tidak diinginkan yang terjadi sepanjang kegiatan SMN diselenggarakan. Pihaknya juga mengimbau para peserta untuk menjaga stamina dan kebugaran sehingga saat padatnya kegiatan bisa diikuti secara penuh.
“Walaupun kita semua menginginkan supaya tidak apa-apa, paling tidak mereka sudah tercover. Jadi mereka bisa mengeksplorasi budaya diserap secara maksimal dan jadi bekal pulang ke Sumut maupun sebaliknya,” ujarnya.
Para peserta dari Sulteng yang di Sumut nantinya akan di ajak mengunjungi berbagai destinasi wisata yang ada di Sumut, seperti Danau Tobadan masih banyak lagi.
Menurut dia, program BUMN Hadir Untuk Negeri yang digagas Kementerian BUMN sejak tahun 2015, selain mempererat silaturahmi siswa berbagai daerah, juga memperluas wawasan dan pengalaman untuk lebih mengenal dan mengetahui keberagaman budaya dan tradisi di Tanah Air.
“Program ini juga berdampak menumbuhkan rasa percaya diri dan nasionalisme anak bangsa akan berbagai keragaman sosial budaya tradisi yang tersebar dari Sabang sampai Merauke,” katanya.
Para siswa yang mengikuti program digelar 118 BUMN tersebut diharapkan dapat bertukar informasi tentang perkembangan pembangunan dan pengalaman di masing-masing, serta meningkatkan persatuan dan kesatuan antarsesama anak bangsa. HAI

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish