Indonesiana Bentuk Komitmen Pemda Sigi

0 157

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

SIGI,MERCUSUAR-Landasan indikator kegiatan indonesiana di Sigi merupakan komitmen dari pemerintah daerah (Pemda) Sigi. Kalau Kepala Daerahnya komitmen, berarti mereka mendukung kegiatan tersebut.

Demikian dikatakan Direktur Warisan Diplomasi Budaya Kemendikbud Dr Nadjamudin Ramli, Rabu (29/8/2018). Tapi kalau Bupati dan Wakil Bupatinya berkomitmen, dimana komitmen itu melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Katanya, keterlibatan Asisten dan Kepala OPD merupakan bentuk komitmen yang dilakukan Bupati dan Wakil Bupati Sigi. Kalau Bupati dan Wakil Bupati tidak berkomitmen kita tinggalkan. Karena yang mendatangi kami bukan hanya Bupati, tapi ada Gubernur dan Menteri.

“Di Sulawesi Tengah ini ada empat kabupaten/kota, pertama yang mendahului kegiatan adalah Kota Palu yakni Salonde Perkusi, kedua di Parigi Moutong festival Fuladongga, Kabupaten Sigi Festival Bunyi Bungi dan festival Danau Poso yang akan di gelar bulan Oktober mendatang,”jelasnya.

Kata dia, mengapa hanya Kabupaten Sigi, Poso, Kota Palu dan Kabupaten Parigi Moutong, karena empat pimpinan daerah ini berkomitmen. Siapa yang memperlihatkan kualitas persembahan dan komitmennya, tidak menutup kemungkinan tahun depan kita akan komitmen lagi.

Kalau yang tidak komitmen beberapa kabupaten/kota yang kepala daerahnya sombong kita tolak. Ini benar-benar untuk pimpinan daerah yang membesarkan para budayawan dan seniman di daerahnya.

Menurut Direktur, mengingat Bupati, Wakil Bupati beserta Pimpinan OPD Sigi berkomitmen maka saya datang, bukan karena saya orang Sulteng, tapi saya datang langsung melihat komitmen itu. Mengapa kurator kita siapkan supaya mereka ini dibawah koordinatornya Madi penampilannya berkualitas, tidak hanya berkualitas nasional tapi berkualitas Internasional.

Wakil Bupati Sigi Paulina dalam sambutannya mengapresiasi Kemendikbud yang telah memberikan kesempatan Kabupaten Sigi untuk menjadi penyelenggara kegiatan ini dan yang pertama dilaksanakan.

Di Sigi banyak komunitas budaya tentunya kami berterima kasih komunitas budaya ini bisa ada wadah seperti ini yang nantinya mereka juga bisa menampilkan budaya khususnya generasi muda yang akan menjadi penerus budayawan di Kabupaten Sigi.

Kabupaten Sigi merupakan daerah yang berbudaya dan beradat, oleh karena itu, diharapkan budaya Kabupaten Sigi dapat dipertahankan sehingga tidak luntur dimakan zaman. Kegiatan ini juga dapat menjadi ajang promosi budaya Kabupaten Sigi untuk lebih di kenal.AJI    

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish