Ingin Sehat Bebas HIV/AIDS dan IMS

  • Whatsapp
dr

TALISE, MERCUSUAR- Sekretaris KPAP Sulteng, dr. Muslimah L, Gadi , M.Si menjelaskan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan masyarakat agar terhindar atau terbebas dari penyebaran penyakit HIV/AIDS dan IMS (Infeksi Menular Seksual).

 

Beberapa yang dilakukan yakni, Abstinence (puasa seks bagi yang belum menikah),  Be Faithfull (setia pada pasangan)(tidak berganti-ganti pasangan), gunakan pengaman (kondom) bila berhubungan seks, jauhi Narkoba (Drugs) dan (equipment (gunakan jarum/alat yang steril).

 

Selain itu, lanjut Muslimah, bagi masyarakat yang terserang penyakit IMS (Infeksi Menular Seksual) jangan mengobati penyakit tersebut sendiri, kemudian jangan meminum obta anti biotik sembarangan,

terapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) setiap hari, serta ikut Germas.  

 

Dia menyarankan, untuk senantiasa isi waktu luang dengan hal-hal yang positif, pasangan seks harus

bertanggung jawab (terbuka atas dirinya sendiri, periksa ke dokter, diskusi relasi seksual dengan pasangan, stop perilaku seksual menyimpang dan tidak melakukan seks bebas).

 

Bagi para penderita ODHA (Orang Dengan HIV AIDS), Muslimah menyarankan, agar minum obat ARV (Anti Retroviral)  secara terus menerus dan teratur, makan makanan sehat dan bergizi, bergabung dalam kelompok komunitas ODHA, aktifitas fisik sesuai dengan kemampuan, sering konsultasi dengan konselor dan pendamping ODHA serta menggunakan kondom setiap berhubungan seks dengan pasangannya. AMR/*

 

Baca Juga