Istana Tegur Raffi Ahmad •Tak Pakai Masker Usai Vaksinasi Covid-19

  • Whatsapp
rafi

JAKARTA, MERCUSUAR – Istana Kepresidenan menyebut sudah menegur Raffi Ahmad terkait kegiatannya yang terlihat berkumpul bersama sejumlah artis pada Rabu malam, 13 Januari 2021. Terpantau di media sosial, Raffi bersama rekan-rekannya berkumpul tanpa memakai masker dan menjaga jarak.

Tindakan Raffi ini mendapat banyak sorotan warganet. Musababnya, Raffi termasuk dalam deretan daftar orang pertama mengikuti vaksinasi Covid-19 bersama Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi pada Rabu, 13 Januari 2021.

Berita Terkait

“Sudah dinasehati, diingatkan kembali oleh tim komunikasi Covid-19 agar menaati protokol kesehatan,” ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Kamis, 14 Januari 2021.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mengingatkan bahwa menerapkan protokol kesehatan tetap menjadi hal utama setelah seseorang menerima vaksin.

Pilihan Redaksi :  Soal PETI, Gubernur Sudah Surati Kapolda

“Meskipun telah dilaksanakan vaksinasi, saya ingin mengingatkan kembali pentingnya disiplin terhadap protokol kesehatan. Kita harus tetap memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” ujar Jokowi, kemarin.

Perilaku Raffi Ahmad yang abai terhadap protokol kesehatan disoroti sejumlah selebriti. Ernest Prakasa misalnya, yang awalnya mendukung Raffi sebagai penerima vaksin Covid-19 perdana, berbalik sikap.

“Yup, saya berhasil terlihat tolol. But it’s really not about me. Tindakan Raffi menurut saya keterlaluan dan tidak menghargai keistimewaan yang ia dapatkan,” cuit Ernest lewat akun twitter-nya @ernestprakasa.

Keberadaan Raffi di sebuah pesta pada Rabu (13/1) diketahui dari berbagai unggahan IG Story sejumlah selebriti, seperti di akun @anyageraldine dan akun IG Raffi sendiri, @raffinagita1717.

Dalam acara itu, Raffi bersama teman-teman artisnya tampak tak mengenakan masker. Mereka juga tampak tidak menjaga jarak saat berfoto. Foto-foto Raffi Ahmad tanpa menerapkan protokol kesehatan pun viral di media sosial.

Pilihan Redaksi :  Gowes Bersama Gubernur, Wartawan Ngos-ngosan
 

Menanggapi hal itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengaku akan menasihati Raffi. “Kami akan nasihati,” ujar Heru saat dihubungi, Kamis (14/1/2021).

Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok juga terlihat hadir di pesta itu. Ahok awalnya tampak terus memakai masker, namun di suatu sesi bernyanyi, mantan Gubernur DKI itu melepas maskernya.

Secara terpisah, juru bicara vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi meminta Raffi menjaga protokol kesehatan (prokes) meski sudah divaksin. Sebab, vaksinasi tidak cukup menjaga diri dari sebaran virus Corona.

“Iya seharusnya kita tetap menjalankan prokes ya walau sudah divaksinasi, karena vaksin saja tidak cukup melindungi kita dan saat ini vaksin membutuhkan waktu untuk dapat membuat antibodi ya. Jadi tetap jaga diri kita dengan mematuhi prokes dan menjalankan 3M,” katanya.

Pilihan Redaksi :  PETI di Parmout  Ditutup

Diketahui, Raffi Ahmad masuk dalam sesi pertama bersama Presiden Jokowi yang divaksin perdana. Raffi Ahmad ditunjuk sebagai perwakilan kaum milenial.

“Saat ini Raffi Ahmad hadir sebagai perwakilan dari masyarakat mewakili kaum milenial yang bisa semoga menjadi inspirasi bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk yakin terhadap vaksin Covid-19 ini dan turut mensukseskan program vaksinasi di Indonesia,” kata salah satu jubir vaksinasi Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro.

 

Raffi Ahmad sendiri mengajak masyarakat agar tidak takut divaksin. “Vaksin Perdana bersama Pa @jokowi. Terimakasih atas kepercayaannya… Untuk Indonesia Tercinta Ayo Vaksin. Ayooo jangan takut Vaksin guys!!!” tulis Raffi Ahmad melalui akun Instagram resminya, Rabu (13/1).DTC

Baca Juga