Istri Hidayat, Terima Buku Pesona Baju Adat Pengantin Indonesia

  • Whatsapp
SERAHKAN BUKU

KABONENA, MERCUSUAR – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Palu, Irma Hidayat menerima Buku Pesona Baju Adat Pengantin Nasional Indonesia perwakilan Bhayangkari Cabang Palu yang diterimakan secara simbolis oleh Ibu Bhayangkari Polres Palu, Dede Rizal, bersama Eni Margianta, selaku istri Wakil Kapolres Palu, di salah satu rumah makan, Kelurahan Kabonena, Sabtu (9/1/2021)

Buku Pesona Adat Pengantin in distribusikn Ketua Bhayangkari pusat bekerjaama Dekranasda yang diketuai Ibu Presiden RI, Iriana Jokowi, yang bertujuan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat terutama masyarakat Palu tentang baju-baju adat dari setiap suku yang ada di Indonesia.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Cabut Perpres Investasi Miras, LBH KAI Apresiasi Keputusan Presiden

“Bukan tentang baju-baju adat saja, tetapi di buku ini juga memberikan pengetahuan tentang aksesoris-aksesoris dari baju adat tersebut dan bagaimana tata cara penggunaannya,” ujar Dede Rizal, Sabtu (9/1/2021).

Dede mengatakan, setiap wilayah akan mendapatkan buku ini dari Dekranasda pusat, buku setebal 68 halaman ini, isinya tentang seluruh baju adat pengantin yang ada di Indonesia. Semua ketua Dekranasda di wilayah mendapat 5 buku, yang terbit per tahun 2021.

“Semoga dengan adanya buku ini, semua bisa tahu berbagai macam budaya, baju adat serta jenis pakaian adat pengantin yang ada di Iindonesia,”sambung istri Kapolres Palu itu.

Dia berharap, keepan buku itu semakin menambah ilmu dan wawasan untuk mengetahui budaya Indonesia. “Tetap bersatu dalam NKRI harga mati. Jangan sampai terpecah belah karena Indonesia punya beragam budaya,”tambahnya.

Pilihan Redaksi :  Kartu Prakerja untuk Tingkatkan Kompetensi Masyarakat

Sementara itu Ketua Dekranasda Kota Palu, Irma Hidayat mengatakan buku ini sangat banyak manfaatnya, selain bisa mengenal baju adat pengantin yang ada di Indonesia, juga tahu bagaimana tata cara penggunaannya.

Menurutnya, berbagai pesan ada dalam buku tersebut. Ia sebutkan, salah satunya yang berhubungan dengan Dekranasda adalah pengrajin IKM (Industri Kecil Menengah), yaitu pengrajin aksesoris dan persewaan baju adat bisa menjadikan buku ini sebagai pedoman atau panduan.

“Di buku ini sangat detail. Sungguh luar biasa. Pesan lain yang dapat dipetik dari buku ini adalah semangat Bhineka Tunggal Ika dan rasa nasionalisme,”ungkapnya.

Buku berisikan baju adat pengantin dari 34 provinsi yang mana satu provinsi diwakili dua suku, untuk Provinsi Sulteng suku Kulawi dan Suku Mori yang ditampilkan dalam buku. Mendampingi Ibu Wali Kota Palu, Kadis Perdagangan dan prindustrian Kota Palu, Syamsul Saifuddin dan Istri, Rina juga pengurus PKK Palu dan Dekranasda. ABS

Baca Juga