JCH Sigi Diminta Jaga Kesehatan

0 105

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

SIGI, MERCUSUAR – Jamaah Calon Haji (JCH) dari Kabupaten Sigi agar selalu menjaga kesehatannya, mulai dari menjaga pola makan dan minum, serta melengkapi diri dengan obat-obatan mulai pemberangkatan hingga pulang.

“Iklim di kota Suci Mekkah berbeda dengan iklim di Indonesia, oleh karena itu JCH harus selalu menjaga kesehatan,” ujar Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta saat acara pelepasan JCH Sigi di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sigi, Minggu (28/7/2019).

Menurut Bupati, JCH Kabupaten Sigi yang akan berangkat tahun 2019 sebanyak 130  orang. Jika kondisi tubuh sehat, maka JCH dapat melaksanakan ibadah haji sesuai dengan syarat dan rukun yang telah disyariatkan.

“Kepada semua ketua regu yang telah ditunjuk kiranya dapat memantau dan mengevaluasi semua jamaah yang menjadi tanggungjawabnya, sehingga antisipasi dini dapat dilakukan dengan baik,” pesan Bupati.

Ditambahkan Bupati, ia akan mendampingi JCH asal Sigi ke Embarkasi Balikpapan yang dijadwalkan Senin (hari ini, 29/7/2019)

SIGI TAK DILIBATKAN DALAM TPHD

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyayangkan Sigi tidak dilibatkan dalam Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).

Dikatakannya, Kepala Biro (Karo) Kesra Sekretariat Daerah Provinsi (Setdprov) Sulteng pernah menyampaikan informasi seleksi TPHD, tapi sudah ada hasilnya baru disampaikan.

“Diharapkan Gubernur Sulteng, Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng dan Karo Kesra Provinsi Sulteng, apabila dalam pemberangkatan haji kami diundang dan diberikan waktu untuk mengikuti seleksi TPHD. Supaya JCH Sigi memiliki pendamping, mengingat kultur masyarakat Sigi berbeda. Jika pendampingnya dari Sigi, maka akan berjalan baik,” terang Bupati.

26 JCH MUTASI

Sementara itu, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam dan Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Sigi, Abjan Jauhar mengatakan awalnya JCH Sigi yang berangkat 156 orang, namun akhirnya yang berangkat dari Sigi hanya 130 orang. Sebab 25 orang mutasi ke Kota Palu dan satu orang mutasi ke Gorontalo.

“Sesuai jadwal JCH Sigi setelah dilepas oleh Bupati Sigi menginap satu malam di Asrama Haji Transit Sulteng. Selanjutnya, hari Senin (hari ini, 29/7/2019) akan diberangkatkan ke Embarkasi Haji Balikpapan,” singkatnya pada Media ini. AJI

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish