Jembatan Gantung Tuva Kembali Dibangun

  • Whatsapp
FOTO JEMBATAN GANTUNG TUVA

SIGI, MERCUSUAR – Jembatan Gantung Desa Tuva, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi mulai kembali dibangun, ditandai dengan peletakkan batu pertama oleh Yayasan Kemanusiaan Muslim Indonesia (YKMI) bersama United Nation Development Program (UNDP) dan Lembaga PBB untuk Pembangunan, Kamis (17/9/2020).

Project Koordinator YKMI Sulteng, Teuku Zulkifli mengatakan pembangunan jembatan itu sempat tertunda akibat hujan deras yang mengakibatkan aliran sungai menjadi deras dan meluap.

Berita Terkait

Namun pascapeletakkan batu pertama tersebut, ia mengaku pihaknya telah resmi memulai pembangunan kembali jembatan gantung itu.

Pilihan Redaksi :  Satu COVID-19 Asal Palu Meninggal

“Kami berharap beberapa hari ke depan cuaca di lokasi ini cerah sehingga proses pekerjaannya bisa berjalan lancar tanpa hambatan yang berarti,” ujarnya.

Community Mobilization Organizer (CMO) UNDP PETRA Palu – Lombok sebagai perwakilan UNDP,  Whisnu Yonar Anggono berharap pembangunan kembali jembatan gantung Tuva dapat segera memulihkan kehidupan sosial dan ekonomi yang saat ini terganggu akibat hancurnya jembatan gantung sebelumnya hingga berdampak vital bagi masyarakat sekitar.

“Khususnya dalam hal distribusi hasil panen perkebunan warga, kami berharap aktivitas itu segera pulih dan semakin lancar berkat adanya jembatan gantung ini nantinya,” ujar Whisnu.

Sementara Asisten II Setdakab Sigi, Iskandar Nondji mewakili menyampaikan terima kasih pada para pihak yang telah membantu dalam program tersebut.

Pilihan Redaksi :  Hut Morut Ke- 7 - Desa Bunta Terima Penghargaan

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Sigi, kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu dalam mewujudkan pembangunan kembali jembatan gantung ini, khususnya kepada UNDP dan YKMI dan juga KFW, Bank Pembangungan Jerman yang telah mendanai program ini,” ujar Asisten.

Selain peletakkan batu pertama, turut dilakukan penanaman pohon durian secara simbolik di area jembatan gantung tersebut yang diinisiasi oleh kelompok Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Desa Tuva.  Pohon yang ditanam tersebut diharapkan bisa menjadi salah satu unsur mitigasi dan prevensi bencana banjir secara jangka panjang.

Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta menyempatkan hadir untuk meninjau peletakan batu pertama pembangunan jembatan gantung Tuva itu. BAH

Baca Juga