Kakanwil Kemenag Sulteng Lepas Tim Bantuan ASN Peduli Sulbar

  • Whatsapp
KEMENAG

PALU, MERCUSUAR – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusman Langke, melepas keberangkatan Tim Bantuan ASN dan DWP (Dharma Wanita Persatuan) Kemenag se- Sulteng Peduli Bencana Gempa Sulbar, Rabu (20/1/2021).

Kakanwil mengucapkan terima kasih kepada seluruh ASN yang telah menyisihkan sebagian rezekinya, serta Satker Kemenag yang turut bergerak menggalang bantuan dari ASN, di antaranya, Kanwil Kemenag Sulteng, Kemenag Kota Palu, Kemenag Kabupaten Sigi dan beberapa Madrasah Negeri, juga RA (Raudhatul Athfal) di Kota Palu. 

Berita Terkait

“Teringat saat bencana gempa, tsunami dan likuefaksi di Kota Palu, Parigi, Sigi dan Donggala, 28 September 2018, bantuan yang pertama kali kita terima dari Kemenag Sulbar,” ujar Kakanwil.

Pilihan Redaksi :  SMAN 3 Palu Bagikan Bantuan Korban Kebakaran

Kata dia, ini adalah sumbangan pribadi dan keihlasan tidak ada paksaan.

“Alhamdulillah semangat kegotongroyongan dan kekeluargaan, apa yang kita lakukan, terkumpul untuk meringankan ujian yang dialami saudara-Saudara kita di Sulbar,” jelas Kakanwil.

Kakanwil berharap, bantuan yang diserahkan tersebut, dapat bermanfaat bagi para korban bencana gempa Sulbar. Kepada tim yang berangkat, Kakanwil berharap dapat tiba dengan selamat mengantarkan bantuan, serta dalam keadaan sehat dapat kembali ke Palu. 

Tim Bantuan ASN dipimpin Kepala Subbagian Umum dan Humas, Ratna Muthmainnah dan Koordinator Lapangan, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kota Palu, H. Muh. Thalib. Untuk memudahkan penyaluran bantuan, koordinator lapangan yang ditunjuk berasal dari Sulbar. 

Pilihan Redaksi :  Soal Vaksinasi, Hadianto: Warga Jangan Termakan Informasi Bohong

Dalam laporannya, Kabag TU, Ma’sum Rumi menjelaskan, dalam tahap pertama penyaluran bantuan ASN yang diberangkatkan ini, dari ASN Kanwil dan DWP Kanwil Kemenag Sulteng membawa sekitar 2 ton beras, 100 dos susu formula, air mineral, pakaian dan peralatan shalat layak pakai, serta bantuan lainnya. 

Dari ASN Kemenag Kota Palu dan jajarannya (termasuk RA, Madrasah dan KUA se-Kota Palu), dan Kemenag Kabupaten Sigi, membawa bantuan berupa sembako, sementara dari Kemenag Kabupaten Donggala membawa dua mobil bantuan berupa mie instan cup sebanyak 80 karton, sembako, serta bantuan lainnya.

Dalam kesempatan iitu, Kepala Kemenag Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), H. Junaidin, juga menyerahkan secara simbolis bantuan uang tunai dari ASN Kemenag Kabupaten Bangkep, kepada Kakanwil Kemenag Sulteng, yang selanjutnnya diserahkan kepada Tim Bantuan ASN Kemenag Sulteng Peduli Sulbar.

Pilihan Redaksi :  KPK Ingatkan Pemprov Sulteng Optimalkan APBD

Keseluruhan bantuan tersebut dimuat dalam dua truk, dua mobil pick up dan beberapa mobil ASN. 

Hadir dalam acara pelepasan keberangkatan tim bantuan ASN Kemenag Sulteng ke Sulbar, para pejabat Kanwil Kemenag Sulteng, Kemenag Kota Palu, Kemenag Sigi, Kemenag Donggala dan ASN Kanwil Kemenag Sulteng. 

Kemenag RI juga membuka Donasi Kemenag Peduli tanggap darurat bencana alam di sejumlah wilayah Indonesia, Mamuju dan Majene Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, Sumedang dan Bogor Jawa Barat. Donasi dapat disalurkan ke rekening Bank Syariah Mandiri Nomor 7121241697 A.n. Tanggap Darurat Bencana Kemenag.*/JEF

Baca Juga