Karapan Sapi Dijadikan Agenda Rutin

0 106

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

SIGI, MERCUSUAR – Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta menyatakan lomba karapan sapi di Sigi akan dijadikan agenda rutin oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi.

Hal itu disampaikan Bupati Irwan saat menutup lomba karapan sapi di Desa Bulubete, Kecamatan Dolo Selatan, Minggu (26/8/2018).

“Kami sudah jadikan lomba ini sebagai iven kabupaten melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Mulai tahun depan kami akan laksanakan iven ini per empat bulan sekali atau tiga kali dalam setahun. Tapi untuk tahun 2018 ini, kami akan laksanakan lomba serupa di akhir tahun. Jadi saat malam pergantian tahun, bisa dimeriahkan dengan penutupan lomba ini,” kata Bupati.

Olehnya, Bupati mengajak masyarakat untuk terus merawat dan mengembangkan peternakan mereka yang salah satunya agar dapat menjadi peserta di lomba ini. Selain itu, karapan sapi juga ditargetkan mampu menjadi penyemangat untuk peningkatan perekonomian masyarakat melalui sektor peternakan.

“Dengan iven ini, secara langsung para peternak berlomba melakukan pengembangan ternak mereka, dimana pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian mereka sendiri. Kami mendorong lomba ini sebagai agenda rutin, tapi masyarakat kami minta harus menjaga keamanan dan perdamaian,” ujarnya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Sigi Moh Rizal Intjenae mengapresiasi iven tersebut karena bukan hanya mencari juara, melainkan mendorong terciptanya pengembangan peternakan di Sigi.

“Ini juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan menjadikan iven ini sebagai penarik minat wisatawan. Kalau ivennya meriah dan aman, tentu kami bisa dorong lomba ini menjadi iven yang layak ditonton wisatawan,” tanggap Rizal.

Ia berharap masyarakat, khususnya para peternak dapat termotivasi untuk lebih giat meningkatkan kualitas ternak masing-masing.

“Ini olahraga rakyat dan disukai rakyat, jadi sudah tepat jika pemda menjadikannya agenda rutin berskala kabupaten,” tutupnya.

Diketahui, lomba karapan sapi yang ditutup Minggu (26/8/2018) memperebutkan piala tetap H Muhidin M Said dan piala bergilir Bupati Sigi dengan hadiah seekor sapi di setiap kelas yang dilombakan. Iven digelar sejak 6 Agustus lalu dalam rangka memperingati HUT ke 73 Kemerdekaan RI. BAH

 

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish