Kemendes Bantu UMKM Sigi

0 89

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

SIGI, MERCUSUAR – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) menyerahkan bantuan perbengkelan, peralatan salon dan pertukangan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sigi, melalui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi.

Hal tersebut dikatakan Direktur Penanganan Daerah Rawan Bencana Dirjen Pengembangan Daerah Tertentu Kemendes PDTT, Hasman Ma’ani, usai membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas ekonomi masyarakat desa, melalui UMKM pascabencana di Kabupaten Sigi, bertempat di Aula Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Sigi, Selasa (3/12/2019).

Kata dia, tujuan pelaksanaan bimtek ini, adalah untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan recovery livelihood, mulai dari skill, mutu dan pengembangan usaha.

“Bimtek adalah merespon nota dinas Bupati Sigi per September 2019. Tahun 2020, Kemendes PDTT telah mengalokasikan anggaran untuk bantuan peralatan lainnya, dalam rangka peningkatan kapasitas masyarakat ekonomi desa, khususnya pada daerah yang terdampak bencana,” jelasnya. 

Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta, dalam sambutannya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kemendes PDTT, yang telah memberikan bantuan kepada Pemkab Sigi.

Kata bupati, bantuan tersebut khusus untuk UMKM yang terdampak bencana, berarti ini yang di-follow up dari Kemendes PDTT, tentang permintaan dari Pemkab Sigi, terkait dengan pemulihan ekonomi pascabencana, yang terdiri atas perbengkelan, pertukangan dan peralatan salon.

Bupati merasa bersyukur karena Pemkab Sigi menjadi pilot project terkait dengan program ini. Pihaknya sudah menyusun rencana penanggulangan bencana dan rencananya akan disusun menjadi sebuah Peraturan Bupati (Perbup).

“Setelah berjalan sesuai dengan ketentuan, kemudian kita dorong ke Peraturan Daerah (Perda), sehingga Standar Operasional (SOP) terkait dengan kontigensi, kemudian persiapan-persiapan penanganan kedaruratan, sudah ada dalam desain itu.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sigi, Samuel Y Pongi, Kepala BP3D Sigi, Sutopo Sapto Condro, Kepala BPBD Sigi, Asrul Repadjori, Kadis PMD, Anwar, serta pejabat lainnya. AJI

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Komentar
Loading...