Kemenpora Bantu Rp14 Miliar

  • Whatsapp
FOTO GOR TOUNA

TOUNA, MERCUSUAR – Tahun 2020, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Tojo Unauna (Touna) melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) memperolah bantuan dari kemeterian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebesar Rp14 miliar, untuk pembangunan Gedung Olahraga (GOR).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Dikpora Touna, Alimuddin Muhammad SE M.Si saat ditemui di ruang kerjanya, baru-baru ini. 

Menurutnya, dari sekira 300  kabupaten/kota se Indonesia yang mengusulkan atau bermohon  anggaran pembangunan fasilitas olahraga, Kabupupaten Touna merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulteng yang keciprat bantuan dari Kemenpora.

“Saat ini sedang dilakukan tender di LPSE dan tinggal menunggu hasil yang akan di umumkan siapa yang melaksanakan pekerjaan,” ucapnya.

Dijelaskannya, permohonan bantuan diajukan ke kementerian melalui aplikasi Krisna. “Alhamdulillah dari sekian ratus yang mengusulkan hanya 29 kabupaten/kota yang diberikan bantuan oleh kementerian sesuai kebutuhan daerah,” kata Alimuddin.

Lanjut Alimudin, anggarannya tersebut dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diberikan untuk daerah yang membutuhkan. “Kita diberikan anggaran ini karena tahun 2022 akan di rencanakan kegiatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang nantinya di pusatkan di Kabupaten Tojo Una Una. Ini merupakan pertimbangan dari kementerian,” ujarnya.

Dikatakan Alimuddin, pembangunan GOR adalah pengembangan kualitas, baik kader, siswa siswa dan masyarakat yang akan mengunakan fasilitas tersebut. “Ini  juga sangat membantu dari sisi kesehatan,” katanya.

Fasilitas yang akan dibangun, tambahnya, seperti lapangan voli, takraw, bulu tangkis, tenis meja, hingga kedepan keberadaan fasilitas penunjang tersebut akan masyarakat untuk menyalurkan bakatnya. “Ini adalah perjuangan Pak Bupati, jadi kita juga selaku dinas mendukung dan turut berpartisipasi didalam. Dimana Pak Bupati langsung yang menemui dan memaparkan tentang program pembangunan GOR dan Allhamdulillah respon postif kementerian sangat baik dan langsung datang meninjau kemudian meletakan batu pertama pembngunan GOR,” jelasnya. DEL

Baca Juga