Kepala Dishub Tolitoli Sebut Urusan Provinsi

TRAFFIC LIGHTS TOLITOLI RUSAK

0 13

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

TOLITOLI, MERCUSUAR – Traffic Lights di persimpangan Lontik, Kelurahan Baru Kota Tolitoli sekira dua pekan terakhir padam akibat mengalami kerusakan. Dinas Perhubungan (Dishub) Tolitoli mengatakan bahwa kerusakan traffic lights tersebut  tanggung jawab Dishub Provoinsi Sulteng.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Dishub Tolitoli, Hery Mendur saat dikonfirmasi Media ini di ruang Kepala Bidang Anggaran BKD Tolitoli, Senin (25/11/2019).

Menurutnya, padamnya traffic lights di persimpangan Lontik akibat gangguan alam, yakni disambar petir. “Itu padam karena gangguan alam, disambar petir beberapa waktu lalu. Itu urusan Dishub Provinsi, bukan tanggungjawab Dishub Tolitoli,” tutur Hery santai.

Dikatakannya, urusan traffic light merupakan urusan dan tanggung jawab Kementerian Perhubungan.

“Itu urusan dan tanggung jawab Kementerian Perhubungan RI. Kami sudah minta sebaiknya diserahkan ke kami (Pemkab Tolitoli), tapi karena belum diserahkan maka kami tak bertanggungjawab,” jelasnya.

Sikap Dishub Tolitoli terhadap kerusakan fasilitas umum jalan raya itu disayangkan sejumlah pihak. Salah seorang pejabat di lingkungan Pemkab Tolitoli menyebutkan sah-sah saja bila Dishub Tolitoli menyebut bahwa itu bukan urusan dan tanggungjawabnya, tapi harus ada upaya untuk menyelesaikan persoalan itu. “Saya kira itu sah-sah saja. Tapi kan setidaknya ada koordinasi yang dilakukan keatas, sehingga kerusakan itu segera diperbaiki,” ujarnya yang enggan namanya di korankan.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Tolitoli, Arham A Yakub yang dikonfirmasi Media ini menyayangkan lemahnya koordinasi di OPD terkait. “Saya kira kalau itu urusan Dinas Perhubungan Provinsi atau bahkan Kementerian Perhubungan, setidaknya koordinasi dapat dilakukan, sehingga penanganan kerusakan yang dialami dua traffic light yang ada di Kota Tolitoli segera mendapat perbaikan,” tutur Arham.

Dikatakan Kabag Humas, kedua traffic light tersebut sangat penting bagi keamanan berlalulintas, khususnya di persimpangan. “Pemerintah Daerah sangat mengharapkan kerusakan yang terjadi segera mendapat perbaikan, sehingga keamanan lalu lintas di area persimpangan itu terjamin aman. Jangan sampai nanti terjadi kecelakaan baru dilakukan upaya perbaikan,” harapnya. MP

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish