Kepala Kemenag Donggala Sampaikan Moderasi Beragama

  • Whatsapp
KEMENAG DONGGALA

DONGGALA, MERCUSUAR – Kantor Kementerian Agama (Kmenag) Kabupaten Donggala melaksanakan Pembinaan Penyuluh Agama Islam Non PNS se-Kabupaten Donggala, Senin (5/4/2021) di Aula Kemenag Donggala. Kegiatan ini dirangkaikan dengan pemilihan Ketua Koordinator Kehumasan tingkat kecamatan.

Kegiatan tersebut, dibuka  secara resmi oleh Kepala Kantor  Kemenag Donggala,  Rusdin, didampingi oleh Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, Darwin Panessai. Dalam arahannya, Rusdin mengatakan, Penyuluh Agama Islam Non PNS sebagai ujung tombak Kementerian Àgama, harus mampu memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan masalah keagamaan. 

Berita Terkait

Olehnya itu kata dia, saat ini hal yang menjadi penting untuk disampaikan kepada masyarakat, adalah  masalah moderasi,  tidak boleh ekstrim dan juga jangan liberal.

“Kita harus berada posisi tengah-tengah, penyuluh agama juga harus mengetahui perkembangan budaya masyarakat islam yang dinamis,” tutur Kepala Kemenag.

Pada kesempatan yang sama, Kasi Bimas Islam, Darwin Panessai mengatakan, Penyuluh Agama Islam  Non PNS Kemenag Donggala, berperan untuk melakukan pembersihan halaman masjid dan ruang masjid dalam menghadapi bulan Ramadan, melakukan himbauan  terkait dengan pengcegahan COVID-19, sesuai edaran  jumlah jamaah hanya  50 persen di dalam  masjid dan penyuluh agama diharapkan menjadi contoh teladan di tengah-tengah umat.

Darwin Panessai juga mengharapkan kepada Penyuluh Agama Islam Non PNS, agar melakukan moderasi beragama dan mengikuti program pemerintah antara lain vaksinasi COVID-19. Penyuluh agama dalam menyampaikan ceramah Ramadan, harus menghindari  ceramah yang menyangkut masalah khilafiyah, yang bisa menimbukan perselisihan umat. */JEF

 

Baca Juga