Ketua PT Sebut Persyaratan Touna Paling Lengkap

PEMBANGUNAN PN

0 68

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

TOUNA, MERCUSUAR – Ketua Pengadilan Tinggi (PT) SUlteng, Dr Mochamad Djoko SH M.Hum menyebutkan bahwa persyaratan yang dimasukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tojo Unauna (Touna), terkait pembangunan gedung Pengadilan Negeri (PN) Touna sudah lengkap, baik sertifikat sampai persetujuan DPRD.

“Persyaratan yang di minta oleh Sekneg dan Ketua MA semua sudah lengkap, salah satunya  yang diusulkan di Sulteng Kabupaten Tojo Una Una paling lengkap,” ujarnya saat kunjungan kerja sekaligus meninjau lokasi pembangunan Gedung PN Kabupaten Touna, Rabu (27/11/2019). 

Dia berharap pembangunan Gedung PN Touna dapat segera terealisasi.

“Semoga gedung PN segera dibangun, Insya Allah sudah di Sekneg semua kelengkapan nanti akan segera diresmikan oleh MA,” tutur Katua PT Sulteng didampingi Bupati Touna, Mohammad Lahay bersama Forkopimda.

Dijelaskannya, jika lima tahun kedepan ibu kota negara pindah (ke Kalimantan), maka Sulteng merupakan penyangga utama. Dengan berdirinya Gedung PN Touna, maka otomatis ‘trust’ terhadap penegakan hukum terutama orang asing akan meningkat. “Kan sekarang masih jauh harus menempuh tiga jam ke Poso. Tapi nanti dengan dibangunnya PN di Ampana, maka orang mencari keadilan tidak jauh jauh lagi,” ucapnya.

Dengan ditinjaunya lokasi pembangunan Gedung PN Touna, keluhan masyarakat Touna sudah terjawab, serta doakan bersama supaya pembangunannya segera terlaksana.

Terpisah, Ketua PN Klas IA Poso, Syafri Abdullah SH MH katakan ini merupakan suatu peradaban baru bagi masyarakat Touna. Sebab akan segera dibangun Gedung PN yang nantinya terpisah dari induknya yakni PN Poso.

“Ketika Gedung PN Ampana sudah jadi, masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh ke Poso. Artinya mendekatkan pelayanan di bidang hukum,” ujarnya.

Dikatakanya, dari  catatan yang ada usulan pembangunan Gedung  PN Ampana oleh Pemkab Touna  melalui Bagian Hukum sejak tahun 2013. “Kantor PN Ampana dibangun, artinya masyarakat Touna sudah mendapatkan pelayan di bidang hukum, masyarakat Touna sudah merdeka. Investor Itu akan datang kalau suatu daerah sudah ada Pengadilan Negerinya, ada kepastian hukum,” tutupnya.

TERIMA KASIH

Bupati Touna, Mohammad Lahay mengatakan kunjungan Ketua PT Sulteng dan rombongan meninjau lokasi pembangunan Gedung PN Touna sesuai permohonan Pemkab Touna sejak beberapa tahun lalu.

“Alhamdulillah secapatnya akan teralisasi pembangunan fisiknya, dimana tahun depan  action pelaksanaan pembangunannya,” kata Bupati.

Pemkab Touna senang dan bangga karena selama ini impian untuk adanya PN di Touna terjawab, dengan ditinjaunya lokasi pembangunan Gedung PN Touna. “Kita pemerintah sudah menjawab keluhan masyarakat dengan terus berupaya agar secepatnya pembangunan PN di Touna terlaksana. Ini terjawab dengan datangnya Ketua PT Sulteng dan rombongan untuk melihat langsung lokasi pembangunan PN Ampana,” katanya.

Nantinya, dengan dibangun PN Touna maka masyarakat Touna yang tersangkut hukum ,tidak jauh jauh lagi ikut sidang di PN Poso. DEL 

 

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish