Konser Vinculos Akan Ramaikan Indonesiana

  • Whatsapp
images

PARMOUT,MERCUSUAR –  Pada 11 – 14 Agustus 2018, warga Parigi Moutong (Parmout) akan disuguhkan konser Vinculos sebagai rangkaian pagelaran Indonesiana di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Masigi Parigi. 

Selain konser selama lima hari di Parigi Moutong, 50 seniman dari negara Spanyol akan mempelajari kebudayaan dan eskplor Pariwisata Kabupaten Parigi Moutong. 

Berita Terkait

Kebid Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong, Eny Susilowati,  mengatakan, Indonesiana merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayan RI untuk memperkenalkan potensi seni budaya yang ada di Indonesia. 

Pada tahun ini Indonesiana akan melakukan pendukungan untuk 15 festival seni budaya yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya adalah Parigi Moutong. 

Pilihan Redaksi :  Penanganan Covid-19, Prioritas Dana Desa 2021 Parmout

Khusus di Parigi Moutong, iven akan melibatkan pemerintah daerah, komunitas, pusat kebudayaan/kedutaan asing serta swasta dalam berbagai bentuk kolaborasi bertajuk vuladongga atau bulan purnama yang akan dihadiri para seniman Eropa. 

“Mari kita bagikan sebanyak-banyaknya informasi  ini kepada seluruh masyarakat. Harapannya melalui kegiatan ini potensi budaya dan pariwisata kita bisa diketahui masyarakat luas, khususnya para seniman eropa yang akan berkunjung ke daerah ini,” jelasnya,Seni (6/8/2018).

Kata dia, para budayawan akan dipertemukan sekaligus penampilan berbagai atraksi seni budaya dari beberapa Kabupaten se-Sulteng dan juga beberapa Provinsi di Indonesia. 

Kegiatannya terdiri dari pawai budaya, pameran kesejarahan daerah, pameran kepurbakalaan, pertunjukan masyarakat adat, workshop seni budaya, serta kunjungan dibeberapa sekolah di Parigi dan sekitarnya.

Pilihan Redaksi :  Penanganan Covid-19, Prioritas Dana Desa 2021 Parmout

Perhelatan Indonesiana di Parigi Moutong akan diawali dengan ritual adat dan Tomini Fashion Carnival serta tarian selamat datang yaitu tari Pontanu ciptaan H.M Hasan Bahasyuan yang akan dibawakan secara massal. TIA

 

Baca Juga