Kota Palu Bekerja Keras Pulihkan Ekonomi Pascabencana

  • Whatsapp
hidayat

PALU, MERCUSUAR– Walikota Palu Hidayat memaparkan langkah-langkah pemulihan ekonomi dalam dialog luar studio yang digagas RRI Palu di Cafe Aweng Kawasan Hutan Kota Kaombona, Rabu (29/7/2020).

Dilansir dari media sosial resmi Humas Pemkot Palu, dialog bertajuk pembenahan infrastruktur menuju pemulihan ekonomi kerakyatan, Wali Kota Hidayat banyak membahas pembenahan dan pemulihan ekonomi di Kota Palu.

“Memasuki dua tahun pasca bencana 28 September 2018, secara bertahap perekonomian Kota Palu menunjukan peningkatan cukup baik,” kata Hidayat.

Hidayat mengaku, Pemerintah Kota Palu akan memperbaiki infrastruktur fasilitas UMKM yang rusak pasca bencana. Namun, menurutnya persoalan ekonomi tidak semudah membalik telapak tangan, perlu waktu dan biaya untuk mendukung pembangunan sektor tersebut.

Pilihan Redaksi :  Di Kamar Homestay - Enam Pasang ABG Terjaring Razia

Hidayat juga menjelaskan untuk mendukung pemulihan ekonomi Kota Palu juga perlu didukung pemulihan sektor industri pariwisata, sehingga membuka peluang dalam mendukung stimulus ekonomi.

“Kami telah berupaya memberikan fasilitas kepada UMKM mulai dari kelurahan melalui pemberian fasilitas pendukung,” jelasnya.

Hal ini dapat dilihat berbagai sektor ekonomi usaha, baik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) maupun sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) sudah mulai pulih, meskipun masih perlu kerja keras pemerintah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Palu Iskandar Arsyad mengatakan, pembangunan ekonomi Kota Palu tidak terlepas dari perbaikan infrastruktur. Lebih dari itu, menurut Iskandar pergerakan orang menjadi kunci pergerakan ekonomi Kota Palu.

Pilihan Redaksi :  Di Kamar Homestay - Enam Pasang ABG Terjaring Razia

“Aksesibilitas berperan penting dalam mendukung pemulihan ekonomi di Kota Palu,” kata Iskandar.

Menurut Iskandar Pemkot Palu telah berupaya menyediakan sarana atau fasilitas pendukung untuk mempercepat pemulihkan sektor ekonomi di Kota Palu, termasuk aksesibilitas menuju lokasi-lokasi yang memiliki potensi ekonomi.

Senada, DPP Home Industri Indonesia Sulawesi Tengah M Rizky Hidayatullah mengatakan, sektor pariwisata memiliki peran penting dalam mendukung pemulihan ekonomi.

“Sektor pariwisata berperan penting dalam mendukung pergerakan ekonomi, banyak produk UMKM tidak bergerak jika tidak didukung sektor pariwisata,” jelasnya.

Sementara itu ekonom Untad Eko Jokolelono mengharapkan Pemerintah Kota Palu, dapat membangun kembali UMKM mulai dari bawah yang mengalami pukulan telak pada bencana 2018.

Pilihan Redaksi :  Di Kamar Homestay - Enam Pasang ABG Terjaring Razia

Menurut Eko, UMKM berperan mendukung pembangunan ekonomi khususnya sektor ekonomi kerakyatan. */TMU

Baca Juga