KPU Gelar Sosialisasi Silon Pemilu

  • Whatsapp
SOSIALISASI – Ketua KPU Sigi, Nuzul Lapali menyampaikan sambutan saat pembukaan sosialisasi dan bimtek Silon Pemilu 2019 di Hotel Sutan Raja Palu, Rabu (6/5/2018). FOTO: MISBAH/MS

SIGI, MERCUSUAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi menggelar sosialisasi sekaligus bimbingan teknis (Bimtek) terkait penggunaan Sistem Informasi Pencalonan (Silon) untuk pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019 di Hotel Sutan Raja Palu, Rabu (6/5/2018).

Ketua KPU Sigi Nuzul Lapali mengatakan sosialisasi dan bimtek tersebut dilaksanakan dengan mengundang seluruh partai politik (parpol) peserta pemilu 2019, khususnya operator di masing-masing parpol.

Berita Terkait

“Kami mengundang parpol bersama operatornya agar mereka dapat mengetahui cara mengoperasikan Silon yang bakal digunakan untuk melakukan input seluruh data para calon anggota legislatif atau caleg nantinya,” ungkap Nuzul.

Pilihan Redaksi :  Sigi Terima Bantuan 126 Huntap

Menurutnya, para operator dari seluruh parpol peserta pemilu 2019 wajib menguasai pengoperasian Silon, karena memiliki peran penting dalam persiapan pelaksanaan pemilu 2019 mendatang.

“Olehnya kami berharap seluruh operator dari setiap parpol dapat mengikuti sosialisasi dan bimtek ini dengan baik. Pastikan mereka harus menguasai aplikasi Silon ini,” sambungnya.

Dia pun mengimbau operator yang ditugaskan oleh masing-masing parpol hanya boleh satu orang dan diberi surat keputusan (SK) dari parpol bersangkutan.

Komisioner Devisi Penyelenggaraan Pemilu pada KPU Sigi Moh Syarif Latadano menambahkan setiap parpol juga harus menjamin orang yang diutus sebagai operator dapat bertugas dengan baik sesuai ketentuan.

“Parpol harus menjamin operatornya masing-masing, karena tanpa mereka parpol bersangkutan akan kesulitan. Fungsi operator Silon ini sangat sentral dan penting,” tutup Syarif. BAH

Pilihan Redaksi :  Sigi Terima Bantuan 126 Huntap

 

Baca Juga