KPU Kota Palu Gelar Kursus Kepemiluan

0 39

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

PALU, MERCUSUAR – Demi meningkatkan partisipasi pemilih dan kualitas Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu mengelar kursus singkat kepemiluan (election shortcourses), Senin (2/12/2019).

Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid mengatakan, kepemiluan merupakan gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih, dalam menggunakan hak pilih. Program ini melibatkan peran serta masyarakat seluas-luasnya, di mana mereka dibekali ilmu kepemiluan, yang nantinya menjadi pelopor (pionir) demokrasi, dengan membentuk komunitas-komunitas peduli pemilu.

“Peserta kursus ini akan menjadi mitra KPU Kota Palu, dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih,” jelasnya.

Program pengembangan komunitas peduli pemilu dan demokrasi, merupakan ikhtiar untuk melahirkan embrio komunitas yang peduli dengan isu-isu pemilu dan demokrasi. Mereka inilah yang diharapkan tumbuh dan berkembang secara mandiri, sehingga kursus singkat ini membangun kompetensi dasar kepemiluan untuk komunitas.

Kursus Singkat Kepemiluan yang digagas KPU, melibatkan kelompok masyarakat yang berasal dari tujuh segmen pemilih strategis di antaranya pemilih pemula, tokoh agama, kelompok perempuan, penyandang disabilitas, kelompok marginal, dan kelompok profesional.

“Peserta kegiatan tersebut diharapkan akan membentuk kelompok-kelompok komunitas peduli pemilu di lingkungannya masing-masing,” jelasnya. RES

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Komentar
Loading...