KPU Morut Siap Laksanakan Pilkada Dengan Protokol COVID-19

  • Whatsapp
kpu morut

MORUT, MERCUSUAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Morowali Utara (Morut) menyatakan kesiapannya menggelar Pilkada serentak 2020, meski saat ini sedang dilanda bencana virus COVID-19. 

Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua KPU Morowali Utara Yusri Ibrahim saat sosialisasi PKPU nomor 5 tahun 2020 tentang tahapan penyelenggaraan Pilkada serentak di Kolonodale yang dihadiri Plh Bupati Moh Asrar Abd Samad, Kapolres AKBP Bagus Setiyawan dan sejumlah undangan lainnya, Selasa (30/6/2020).

Sosialisasi ini juga menghadirkan ketua KPU Sulawesi Tengah Tanwir Lamaming secara virtual. Meski hanya melalui daring, Tanwir mengatakan, tanggal 26 September 2020 hingga 5 Desember 2020 kampanye yang dilakukan setiap pasangan calon (Paslon) berupa pertemuan terbatas, tatap muka dan dialog, penyebaran bahan kampanye, pemasangan APK dan kegiatan lainnya.

Dia juga menjelaskan bahwa, walau pelaksanaan Pilkada kali ini dimasa pandemi Covid-19, namun tetap menjaga ritme demokrasi lokal, banyak Akhir Masa Jabatan (AMJ) Kepala Daerah yang berakhir pada 21 Februari 2021, juga memperkuat kepemimpinan daerah, utamanya dalam hal penanggulangan bencana non alam.

Semenata itu, Ketua KPU Morut, Yusri Ibrahim mengatakan secara administrasi, Kabupaten Morowali Utara telah siap menggelar Pilkada serentak 2020 dengan Protokol COVID-19, meski harus disibukkan kembali dengan penyesuaian anggaran, pihak penyelenggara sudah dipastikan akan berupaya semaksimal mungkin agar Pilkada bisa berjalan lancar. 

“Kami juga mendapat bantuan anggaran dari APBN kurang lebih Rp1,9 M untuk mensukseskan kegiatan ini meski saat ini situasi sedang dalam bencana COVID-19, kami juga telah merubah kembali struktur anggaran Pilkada di DPA menyesuaikan dengan keadaan sekarang ini,” ujarnya. 

Sementara itu, Plh Bupati Morowali Utara Moh Asrar Abd Samad mengapreasi sejumlah program kerja pihak KPU setempat, meski harus kembali menyesuaikan dan membenahi postur anggaran, namun tidak menghambat proses pelaksanaan Pilkada serentak.

“Kami sangat mendukung, semoga pelaksanaan Pilkada berjalan lancar, bantuan anggaran hibah tidak berubah semoga pilkada ini sukses dan melahirkan pemimpin sesuai dengan keinginan rakyat” tandasnya. VAN 

Baca Juga