KPU Poso Tetapkan Pasangan Verna – Yasin Raih Suara Terbanyak

  • Whatsapp
HLL
FOTO: Ketua KPU Poso, Budiman Maliki, menutup dan mengunci kotak suara hasil rekapitulasi, disaksikan langsung Ketua Bawaslu Poso, Abd. Malik Saleh, usai menggelar rapat pleno terbuka, Kamis (17/12) dini hari. FOTO: RUSLI/MS

POSO, MERCUSUAR – Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat kabupaten pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Poso, yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso, secara resmi berakhir, Kamis (17/12/2020) dini hari.

Dari hasil rekapitulasi dan penetapan tersebut, pasangan nomor urut 1, Verna Inkiriwang – Yasin Mangun, ditetapkan sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Poso dengan raihan suara terbanyak.

Berita Terkait

Pasangan yang diusung Partai Demokrat, PAN, Perindo dan Hanura itu berhasil meraup 61.326 suara pemilih. Disusul pasangan calon nomor urut 2, Darmin Sigilipu – Amdjad Lawasa, dengan perolehan 53.319 suara, serta pasangan nomor urut 3, Ir. Samsuri – Tony Sowolino dengan 10.694 suara.

Pilihan Redaksi :  Pengaduan Dicabut, DKPP Beri Kesempatan KPU Morowali Utara Sampaikan Sanggahan

Sementara total jumlah suara sah hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Poso pada pemilihan serentak tahun 2020, sebanyak 125.339 suara. Sedangkan total suara tidak sah mencapai 2.145 suara.

Usai menetapkan hasil rapat pleno, Ketua KPU Poso, Budiman Maliki bersama anggota Komisioner KPU Poso lainnya, menandatangani berita acara penetapan hasil perhitungan suara Pilkada.

Pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara yang berahir pada pukul 01.30 wita dini hari tersebut, juga disaksikan langsung oleh Ketua Bawaslu Poso, Abd. Malik Saleh, para saksi pasangan calon, serta seluruh PPK se-Kabupaten Poso.

Usai ditetapkan, seluruh salinan berkas hasil rekapitulasi diserahkan kepada saksi pasangan calon dan Bawaslu Poso. Kemudian berkas yang sudah ditandatangani oleh KPU dan saksi, dimasukkan ke dalam kotak suara dan disegel langsung oleh Ketua KPU Poso, Budiman Maliki.

Pilihan Redaksi :  Verna Ajak Seluruh Warga Bersinergi Bangun Poso

Kepada Mercusuar, Budiman mengaku lega, karena proses rekapitulasi suara, baik pemilihan Gubernur Sulteng maupun Bupati Poso, bisa dirampungkan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada aparat keamanan, dalam hal ini aparat gabungan TNI/Polri, yang sudah melakukan pengamanan ekstra ketat selama proses rapat pleno terbuka berlangsung. Baik di dalam mapun di luar kantor KPU Poso.

“Alhamdulillah hingga saat ini semua proses rapat pleno terbuka rekapituasi perhitungan suara hingga selesai, semuanya berjalan aman dan lancar. Hal ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat dan terutama aparat keamanan yang bertugas,” ucapnya. ULY

Baca Juga