Lanal Palu Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

  • Whatsapp
LANAL

PALU, MERCUSUAR – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palu melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Selasa (27/10/2020). Peringatan maulid yang dihadiri Komandan Lanal (Danlanal) Palu, Kolonel Laut (P) Rahadian Rahmadi, S.E., M. Tr. Hanla., beserta prajurit ini, dilaksanakan di Masjid Ar Rahman Mako Lanal Palu, Kelurahan Watusampu. Kecamatan Ulujadi.

Peringatan maulid kali ini mengusung tema “Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H/2020 M, Tingkatkan Semangat Kepedulian Kepada Sesama di Tengah Pandemi Covid-19”. Peringatan maulid ini diawali pembacaan salawat Nabi Muhammad SAW, dilanjutkan pembacaan Ayat Suci Al Quran oleh seluruh prajurit Lanal Palu.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  1.211 KK Telah Menerima Kunci Huntap

Ustadz Peltu Ttg Moh. Mufti, dalam ceramahnya menyampaikan, ada beberapa hikmah memperingati Maulid Nabi, antara lain pahala silaturahmi, pahala menuntut ilmu dan pahala bersedekah. Dalam penjelasannya, pahala silaturahmi didapat dari berkumpul pada saat Maulid Nabi, pahala menuntut ilmu didapat dari mendengarkan ceramah, sedangkan pahala bersedekah didapat dari menyiapkan makanan pada saat acara maulid.

Selain itu juga, dirinya menyampaikan ada beberapa cara mencintai Rasul. Pertama, bersatu dalam akidah. Kedua, berjemaah dalam beribadah. Ketiga, toleransi dalam khilafiah, serta keempat, rukun dalam bermuamalah.

“Rukun dalam bermuamalah sama siapa? Tetangga, saudara, orang tua, istri, suami dan lain lain,” katanya.

Sementara itu Komandan Lanal Palu dalam sambutannya mengharapkan, kegiatan tersebut dapat memberikan nutrisi batin, maupun spiritual kepada seluruh anggota Lanal Palu, walaupun menghadapi situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Pilihan Redaksi :  Beasiswa Luar Negeri, Harus Ada Langkah Nyata Usai Workshop

Keteladanan yang buruk kata dia, merupakan budi pekerti yang rendah. Budi pekerti rendah merupakan iman yang lemah. Iman adalah satu kekuatan yang sanggup menjaga manusia dari perbuatan – perbuatan rendah dan nista.

Selain itu kata dia, iman juga merupakan kekuatan yang mendorong manusia ke arah perbuatan mulia dan terpuji. Hubungan iman dengan keteladanan sangat erat kaitannya.

“Orang mukmin berakhlak mulia adalah yang sempurna imannya. Begitu pula dengan orang bersuri tauladan yang baik, menggambarkan kesempurnaan imannya,“ ucap Danlanal Palu.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pgs. Palaksa Lanal Palu Mayor Laut (P) Aspiono Torohula, Paspotmar Kapten Laut (T) Hari Sujarwo, Pasminlog Kapten Laut (T) Asri Yuwono, anggota Militer dan PNS Lanal Palu. JEF/*

Baca Juga