Latsar Sebagai Upaya Penguatan Kompetensi CPNS

  • Whatsapp
CPNS

PALU, MERCUSUAR – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Longki Djanggola membuka kegiatan pelatihan dasar (latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Provinsi Sulawesi Tengah 2020  denan pola pembelajaran jarak jauh secara virtual, Senin (12/10/2020). Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Vidcon Kantor Gubernur ini, juga dihadiri oleh Pelaksana Harian Sekretaris Provinsi Sulteng, Moeliono dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pada kesempatan itu, Kepala BPSDM Sulteng, Novalina mengemukakan, pelatihan dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2020 ini diikuti tiga angkatan, yaitu angkatan 63, 64, dan 65, terdiri 120 orang peserta.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Langgar Protokol Covid-19, Lima Kafe di Denda

Ia mengatakan latsar CPNS ini dilakukan secara jarak jauh, dengan menggunakan sistem aplikasi yang diberi nama sistem aplikasi twenty system.

Aplikasi ini merupakan salah satu inovasi dari BPSDM, dalam rangka mengantisipasi metode pelatihan yang harus dilaksanakan secara learning  pada masa pandemi Covid-19.

“Pelatihan ini nantinya melalui tiga tahapan, yang pertama ialah tahap pembelajaran kelas secara virtual dan kemudian tahap off class,” ujar Novalina.

Ia menyampaikan, pelatihan tersebut di mana para peserta nantinya diberi kesempatan untuk mengimplementasikan aktulaisasi. Kemudian tahap ketiga peserta akan berkumpul di kelas secara learning untuk mengikuti evaluasi akhir.

Sementara itu, Gubernur Sulteng, Longki Djanggola dalam sambutannya menyampaikan, pelaksanaan pelatihan dasar bagi CPNS ini merupakan salah satu upaya untuk membangun kompetensi setiap peserta, sebagai pelayan masyarakat yang profesional yang ditunjukkan dalam sikap perilaku bela negara. Selain itu juga mampu mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya.

Pilihan Redaksi :  Pemprov Sulteng Akan Salurkan Bantuan Kepada UMKM

“Mampu menunjukkan penguasaan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai bidang tugasnya,” jelas gubernur.

Harapannya, setelah kembali ke tempat kerja masing-masing, seluruh peserta pelatihan dasar mampu mengimplementasikan kompetensi yang dihasilkan dari pelatihan dasar ini dalam melakukan pelayanan publik dan mendorong percepatan terwujudnya visi misi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah yang maju mandiri dan berdaya saing. BOB

Baca Juga