Layanan Kependudukan Daring Mudahkan Warga

  • Whatsapp
KARAMPUANG

PALU, MERCUSUAR – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) bersama Dinas Dukcapil Kota Palu, Unicef Indonesia dan Yayasan Karampuang, melakukan monitoring dan evaluasi (monev) Layanan Akta Kelahiran Online di Kota Palu, yang diluncurkan pada 13 Agustus 2020 lalu. Monev dilakukan terhadap dua layanan bentukan Dinas Dukcapil Kota Palu, yaitu layanan Anak Lahir Bawa Pulang Akte (Alpukat) yang diterapkan di fasilitas kesehatan, dan layanan Kelurahan Sadar Miliki Dokumen Kependudukan (Kasiku), yang dipusatkan di beberapa kelurahan pilot program.

Pada hari pertama, Senin (21/9/2020), monev dipusatkan di dua kelurahan pilot program di Kota Palu, yakni Kelurahan Kabonena dan Kelurahan Tipo di Kecamatan Ulujadi. Monev dilakukan oleh pihak Pemerintah Provinsi Sulteng, Pemerintah Kota Palu, serta perwakilan jurnalis.

Pilihan Redaksi :  Penggunaan Bahasa Indonesia - Mercusuar Terbaik ke-12 Nasional

Berita Terkait

Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Sulteng, Abd. Haris Yotolembah mengatakan, proses monev ini dilakukan untuk melihat sejauh mana efektifitas program tersebut, selama kurun sebulan terakhir. Program ini sendiri kata dia, dalam rangka implementasi Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) di kelurahan.

Sementara itu, Manajer Yayasan Karampuang, Aditya Yusdistira mengatakan, program ini merupakan salah satu program Yayasan Karampuang di bidang perlindungan anak. Menurut Aditya, monev ini dilakukan untuk melihat efektivitas program di dua kelurahan dan dua fasilitas kesehatan yang menjadi pilot project.

Pilihan Redaksi :  Trinitan Mulai Bangun Selter Nikel di KEK Palu

“Dari hasil monev, dalam sebulan terakhir pelaksanaan program, terlihat bahwa program ini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Hanya saja, masih ada beberapa kendala, seperti banyaknya pasangan yang belum memiliki buku nikah di Kelurahan Kabonena, sehingga menyulitkan ketika pembuatan Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran,” ujarnya.

Masyarakat di dua kelurahan ini kata dia, juga berharap layanan dokumen kependudukan secara daring yang dilakukan, tidak hanya terbatas pada Akte Lahir dan KK, tetapi juga KTP. Aditya berharap, hasil monev ini dapat menjadi masukan bagi dinas terkait.

Monev hari kedua akan dilaksanakan pada Selasa (22/9/2020), yang dipusatkan di RSIA Nasanapura dan Puskesmas Sangurara. JEF    

Baca Juga