Liga Desa Nusantara Jembatan Interaksi Antar Desa

0 49

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

PALU, MERCUSUAR – Kejuaraan Sepakbola yang bertajuk Liga Desa Nusantara (LDN) 2019 Sulawesi Tengah resmi dimulai. Diawali oleh  Kabupaten Donggala pada Sabtu (13/7/2019) sore yang digelar di Desa Limboro Kecamatan Banawa Tengah dan dilanjutkan di Kabupaten Sigi pada Minggu (14/7/2019) petang.   

Di Kabupaten Donggala, opening ceremony berlangsung secara sederhana yang dihadiri Wabup Donggala, Muhammad Yasin,  Kadispora Sulteng, Ivan Aryanto  dan masyarakat dari desa sekitarnya. Dalam sambutannya, wabup  Donggala  berharap LDN menjadi ajang pencarian bakat baru untuk kemajuan Sepakbola Donggala. “Sebagai pemerintah kabupaten Donggala kami selalu mendukung pengembangan bakat dan prestasi atlet-atlet kabupaten Donggala. Termasuk di liga desa  yang kami harapkan akan melahirkan pemain sepakbola handal Sulawesi Tengah khususnya Donggala seperti masa kejayaan sekitar tahun 70 an,” ujar  M Yasin.     

Laga Pesli  Limboro kontra Loli Pesua yang berakhir 1-1 menjadi tontonan awal setelah  aksi sepakan bola kehormatan Kadispora yang melambung tinggi  memulai kick off babak pertama.

Di lapangan PS Garuda Mas  Kalukubula, tendangan bola pertama Sekdaprov Sulteng, Hidayat Lamakarate menandai dimulainya LDN Kabupaten Sigi yang diikuti 12 desa. Di laga perdana tersebut, desa Balane yang diarsiteki Rifandi sukses menahan imbang desa Kapiroe dengan skor 1-1.

Koordinator Provinsi (korprov)  Sulawesi Tengah, Hidayat Udin  mengaku terharu dengan  sambutan warga terhadap kegiatan di dua desa yang lebih awal menggelar LDN Sulteng. “Jujur, saya terharu  melihat  semangat panitia dan masyarakat dari dua desa ini yang begitu antusias.  Walaupun  dengan segala kekurangannya, saya pikir tekad dan kemauan keras  meyukseskan kegiatan ini patut diapresiasi,” Saya berharap melalui ajang liga desa ini , potensi bibit unggul pemain bola di desa dapat terlihat. Selain itu, kegiatan ini juga kami harap  bisa  menjadi jembatan interaksi antar desa sehingga nantinya dapat mendorong kerjasama antar desa dalam membangun desa,” eks kapten Persipal Palu ini.

Usai Donggala dan Sigi, seri kabupaten LDN 2019 akan berlanjut ke kabupaten Poso, Tojo Una-una dan diakhiri di Kabupaten Buol.  

Tahun 2018, desa Kele’i menjadi wakil Sulawesi Tengah yang digelar di Tangerang Banten. Sayangnya  desa asal  Kabupaten Poso ini hanya sampai di babak penyisihan. Meski mengungguli Kalimantan Timur,  tim dari Kecamatan Pamona Timur ini kalah bersaing dengan Jawa Tengah dan Jambi. CLG

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish