LLP Wanagaul Indonesia Inisiasi SDW

  • Whatsapp
WANAGAUL

PALU, MERCUSUAR – Belasan peserta mengikuti penerimaan anggota baru yang dilaksanakan oleh Lembaga Lingkungan dan Petualang (LLP) Wanagaul Indonesia. Pada proses penerimaan anggota baru ini, para calon anggota baru menerima sejumlah materi selama enam hari.

Penerimaan anggota baru ini bertajuk Sekolah Dasar Wanagaul (SDW). Ketua Panitia SDW, Umar Siraja menjelaskan, istilah sekolah dasar ini hadir karena LLP Wanagaul ingin memberikan nuansa baru pada pola pendidikan di organisasi ini, terutama soal bagaimana kultur organisasi ini.

“Kita ingin pendidikan dasar ini punya kurikulum yang jelas, sehingga pola pendidikannya bisa berjenjang,” ujarnya.

Koordinator Lapangan, Adi Pradana adapun materi kelas yang disampaikan, antara lain berupa manajemen organisasi, kepencintaalaman, manajemen perjalanan, sejarah organisasi, rock climbing, survival, navigasi darat, dokumentasi, jurnalistik dan konservasi. Para pemateri yang hadir merupakan yang berkompeten di bidangnya.

Ketua LLP Wanagaul, Taufik Putong menjelaskan, sedapat mungkin dalam setiap momen penerimaan anggota baru, model pendidikan yang dilakukan berbeda, termasuk kurikulumnya. Setelah SDW ini, ada sekolah dasar lapangan untuk tahap lanjutan pertama, lalu pengambilan nomor registrasi anggota dan pengukuhan anggota baru. Adapun proses pendidikan ini hingga pengukuhan berlangsung selama kurang lebih tiga bulan. JEF    

Baca Juga