Lompat Jauh Popda Bakal Dilombakan di Luar Donggala?

  • Whatsapp
POPDA FOTO 2

PALU, MERCUSUAR – Keinginan tim Banggai Kepulauan (Bangkep) agar Atletik nomor lapangan, khususnya Lompat Jauh bisa dilombakan di Popda Donggala akhirnya diapresiasi Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Tengah. Hal ini diketahui saat Mercusuar mengkonfirmasi Kepala Dinas (Kadis)  Pemuda Olahraga Provinsi Sulteng, Ivan Aryanto, Selasa (23/2/2021).

Berita Terkait

Irvan Aryanto mengakui Pemkab Bangkep telah mengirim surat ke Dispora Provinsi terkait dengan Lompat Jauh yang dihapus dari daftar lomba di Popda Donggala yang rencananya akan digulir bulan Juni tahun ini. 

Pilihan Redaksi :  Lagi, Peradi FC Berbagi Angka di Liga Ramadan

“Benar, surat dari Bangkep sudah masuk ke kami dan rencananya kita mau mengundang kawan-kawan semua kadispora yang ada untuk membahas soal ini.  Karena kenapa kita meniadakan (Atletik nomor lapangan) karena tuan rumah  (Kabupaten Donggala) sudah menyampaikan bahwa salah satu sarana yang tak tersedia adalah Atletik termasuk yang Lompat Jauh ada didalamnya, sehingga kita tiadakan. Tapi kalau ada kawan-kawan dinas (Dispora) seperti dari Banggai Kepulauan, ya tentunya kami apresiasi,” ujar Irvan Aryanto via whatsapp.

Terkait beberapa nomor lomba di cabor Atletik yang tak dilombakan, kadispora menyebut pihaknya tak bisa mengintevensi kebijakan tuan rumah penyelenggara kegiatan. 

“Kita tidak serta merta menentukan (nomor lomba) kepada kabupaten penyelenggara. Kita memaksakan, tapi kalau mereka tidak siap tentunya tak bisa dipaksakan. Tapi, kita tetap akan cari solusi terbaik,”

Pilihan Redaksi :  Handanovic Pimpin Klasemen Liga Member ICI Palu

“Ini kan olahraga terukur, kalau memang ada atlet di nomor lomba yang dimaksud  dan  kalau memang ada peluang  ( tembus limit Popnas) tentunya kita akan carikan solusi, mungkin saja kita lombakan tersendiri  walaupun bukan di Donggala yang penting ada atletnya. Tapi itu (keputusannya) belum final. Yang jelas kita lihat dulu apakah  ada atlet di nomor itu dan apakah juga waktunya memenuhi target waktu secara nasional, tentunya akan menjadi pertimbangan kita untuk diikutkan,” tandasnya.  

Menghadapi Popda Donggala yang dijadwalkan pada Juni  2021, Bangkep Banggai Kepulauan dikabarkan mempunyai seorang atlet yang  bernama Yosman Sitoki yang mempunyai jarak lompatan terbaik dalam latihan dan melewati limit Popnas . 

Pilihan Redaksi :  Persetanlu- Wadah Cari Sahabat di Sepakbola

Diketahui, sebelumnya pelatih Lompat Jauh Bangkep, Sunarto Lodik memprotes kepada panitia Popda Donggala yang tak melombakan Lompat Jauh. Pasalnya, Bangkep berpeluang mendapat emas di nomor ini bahkan lompatan terbaik atlenya telah melewati limit Popnas.  CLG

Baca Juga