Mahasiswa Harus ‘Open Minded’

0 55

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

PALU, MERCUSUAR – General Lecture Series yang dilaksanakan oleh One Asia Foundation (OAF) dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako (Untad), kembali digelar, Selasa (5/11/2019). Seri kuliah umum yang telah memasuki tahun ke-3 ini, menghadirkan dosen tamu dari The University of Newcaste, Australia, Melanie Ball.

Pada kuliah umum seri ke-9 ini, Melanie mengajak mahasiswa peserta yang merupakan mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah Pendidikan Komunitas Asia, untuk selalu ‘open minded’ terhadap ilmu pengetahuan. Dirinya juga mengajak para mahasiswa, untuk berusaha terus belajar, dan tidak mengkotak-kotakkan dalam mempelajarinya.

Dewasa ini kata dia, pendekatan dalam pendidikan yang dapat dilakukan, adalah dengan menggunakan pendekatan STEM, yang merupakan singkatan dari Science (sains), Technology (teknologi), Enviroment (lingkungan), dan Mathematics (matematika). Bahkan menurutnya, pendekatan tersebut lebih berkembang menjadi STEAM, dengan menambahkan Art (seni) di dalamnnya.

Pendekatan ini menurutnya, mengajak peserta didik untuk berpikir secara komprehensif, dengan pola pemecahan masalah, berdasarkan 4 atau 5 aspek di atas. Adapun tujuan akhir dari STEM/STEAM ini kata dia, adalah mengajarkan siswa/mahasiswa berpikir kritis, dan memiliki keterampilan memecahkan masalah di dunia nyata, berdasarkan ilmu yang dimilikinya.

Pembelajaran yang menggunakan pendekatan ini kata dia, merupakan salah satu langkah untuk menjawab tantangan di era revolusi industri 4.0, yang menuntut para lulusan harus memiliki keterampilan teknologi dan manajemen informasi, kreatif dan berinovasi, memiliki kesadaran global dan berkarakter.

Dalam perkuliahan yang dilaksanakan di Conference Room Media Center Untad tersebut, Melanie menceritakan pengalamannya. Dulu, dirinya memiliki basic sebagai seorang science environment, lalu mulai bergelut ke dunia desain kreatif, dan terlibat dalam pembelajaran pada suku asli di Australia, yakni Aborigin. JEF/*

 

 

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish