Mahasiswa PPL MTsN 2 Palu Mulai Susun Program

  • Whatsapp
PPL MtsN

DUYU, MERCUSUAR – Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan mulai melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di 35 sekolah di Kota Palu. Untuk saat ini, mahasiswa PPL di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Palu mulai menyurusn program pembelajaran yang akan diterapkan selama mereka PPL di sekolah tersebut.

PPL tahun berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, dimana pembelajaran para siswa dilakukan secara daring sebagai langkah memutus rantai covid – 19 di Kota Palu. Adapun pengajaran secara luring dilakukan dengan melihat kondisi siswa – siswi yang terkendala alat komunikasi  dengan cara mengunjungi rumah – rumah siswa.

Berita Terkait

Dedi Harianto selaku Koordinator PPL IAIN Palu mengatakan, sebelum melaksanakan program-program kerja maupun pengajaran kepada para siswa di MTsN 2 Palu, mereka terlebih dahulu melakukan observasi selama tiga hari di sekolah tersebut.

“Selanjutnya, kami menyusun beberapa program kerja untuk satu bulan kedepan serta melakukan perkenalan kepada para siswa baik secara daring maupun luring,” ujarnya, Selas (29/9/2020).

Dia melanjutkan, terkait tentang pembelajaran untuk siswa – siswi, ada beberapa metode pembelajaran yang akan diberikan. Seperti, menggunakan aplikasi zoom ataupun membuat video animasi untuk pembelajarannya kepada siswa-siswi.  Sedangkan untuk para siswa yang terkendala dengan alat komunikasinya akan langsung mengunjungi rumah – rumah mereka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Selaian itu, mereka juga berencana membuat lomba – lomba keagamaan seperti lomba azan dan ceramah kepada para siswa dengan cara membuat video sebagai syarat peserta lomba. Untuk para siswa – siswi ataupun perwakilan kelas yang mengikuti lomba dapat mengirimkan videonya kepada pihak  yang terkait.

“Kami juga sebagai panitia lomba nantinya akan mengundang baik kepala sekolah, dosen pembimbing serta guru – guru yang terkait untuk hasil akhir penilaian lomba,” ujarnya.

Dedi berharap dengan adanya mahasiswa PPL di MTsN 2 Palu benar – benar dapat membantu para guru – guru untuk memberikan pengajaran kepada siswa maupun siswi. PPL7

Baca Juga