Masyarakat Wawujai Buka Lahan Pertanian

  • Whatsapp
KOPI
FOTO: Masyarakat Desa Wawujai, Kecamatan Marawola Barat, saat membuka lahan pertanian untuk ditanami padi ladang dan kopi, Selasa (24/11/2020). FOTO: DOK BPP DOMBU 

SIGI, MERCUSUAR – Masyarakat Desa Wawujai, Kecamatan Marawola Barat bersama Kelompok tani (Poktan) Mosangu membuka lahan pertanian untuk ditanami padi ladang dan kopi.

Demikian dikatakan Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Dombu, Kecamatan Marawola Barat, Ivan Jagu, kepada wartawan Mercusuar melalui sambungan telepon, Rabu (25/11/2020).

Berita Terkait

Dijelaskan, masyarakat Wawujai saat ini sedang disibukkan dengan tanaman kopi, mengingat harga kopi saat ini bagus, apalagi kopi jenis Arabica, sehingga masyarakat Wawujai memilih kembangkan kopi jenis Arabica.

“Mengingat jenis kopi Arabica yang berasal dari Kecamatan Marawola Barat banyak diminati, bahkan warga dari luar negeri misalnya kawasan Timur Tengah,” jelasnya.

Lanjutnya, masyarakat setempat juga meminta setiap orang yang singgah di desa itu harus minum kopi di desa tersebut.  

Segala urusan kopi mulai panen hingga pascapanen, semua dilakukan oleh perempuan, terutama saat pemilihan biji sebelum diolah, pemilihan dilakukan untuk memperoleh biji terbaik. Mengingat perempuan lebih teliti dalam melakukan pemilihan kopi dari pada laki-laki.

“Desa Wawujai saat ini bukan hanya dilakukan pengembangan kopi, namun ada juga komoditas lain yang di kembangkan padi ladang, serta tanaman lainnya yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” tandasnya. AJI

Baca Juga