Mesin Pompa Air Lolu Kembali Beroperasi

0 12

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

SIGI, MERCUSUAR – Mesin pembangkit pompa air bersih di Dusun V Desa Lolu Kecamatan Sigi Biromaru akhirnya kembali beroperasi setelah sekian lama mesin itu tidak digunakan karena rusak.

Hal itu ditandai dengan uji coba menghidupkan kembali mesin tersebut yang dihadiri oleh Kepala Seksi Pengawasan PDAM Donggala Misfar Larengi, Kepala Seksi Produksi Efraim, Kepala Seksi Peralatan PDAM Donggala Arman, tokoh masyarakat Desa Lolu Imran Latjedi dan sejumlah tokoh masyarakat setempat, Kamis (13/9/2018).

Tokoh masyarakat Lolu Imran Latjedi mengatakan mesin pemompa airtersebut sudah terbilang lama tidak beroperasi. Namun berkat dukungan PDAM Donggala, akhirnya pembangkit air bersih itu siap digunakan lagi.

“Saya berterimakasih kepada PDAM Donggala, terutama Dirut PDAM Donggala bapak Haji Hasan Basri yang telah memberikan dukungan dalam memperbaiki mesin pompa air ini sehingga kembali beroperasi,” jelas mantan Kepala Desa (Kades) Lolu itu.

Mulai beroperasinya tenaga pembangkit air bersih itu diakuinya sangat membantu masyarakat di Lolu dalam hal suplai air bersih, mengingat sebahagian masyarakat masih ada yang belum menikmati bersih untuk bisa dikonsumsi.

“Tentu beroperasinya mesin air ini dapat memenuhi harapan masyarakat tentang kebutuhan air bersih. Kami berharap Pemkab Sigi melalui dinas terkait segera memperhatikan pengelolaan air bersih di wilayah Sigi. Kamijuga berharap PDAM di Sigi segera dibentuk agar bisa mengakomodir pengelolaan air bersih di Sigi. Apalagi di daerah ini banyak sumber mata airuntuk dikelola sebagai air bersih,” tambahnya.

Sementara Kepala Seksi Pengawas PDAM Donggala Misfar Larengi mengaku perbaikan mesin pembangkit pompa air ini tidak terlepas dari peran masyarakat sendiri, khususnya Imran Latjedi yang pernah menjabat sebagai Kades Lolu.

“Waktu masih kades, beliau sering berkoordinasi dengan kami mengenai pemeliharaan dan menginginkan mesin ini segera dioperasikan. Alhamdulillah sekarang bisa kembali beroperasi,” kata Misfar.

Lanjutnya, kini PDAM Donggala memiliki wewenang dan tanggung jawab atas kondisi mesin air itu, sehingga pihaknya melakukan perbaikan.

“Kebutuhan air bersih merupakan hal dasar yang sangat dibutuhkan masyarakat. Mesin pompa air bersih yang dibangun PDAM Donggala di Sigi ada di beberapa titik dan pembangunannya dilakukan sebelum Kabupaten Sigi terbentuk, termasuk pompa ini,” tutupnya. BAH

 

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish