MTsN 1 Donggala Gelar Pelatihan Jurnalistik

110

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

DONGGALA, MERCUSUAR – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Donggala yang terletak di Desa Labuan, Kecamatan Labuan, Kabupaten Donggala, menginisiasi pelatihan jurnalistik bagi para siswanya. Pelatihan jurnalistik yang dimulai pada Rabu (4/4/2018) ini, diikuti oleh belasan siswa yang merupakan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di sekolah tersebut.

Kepala MTsN 1 Donggala, Akram SPd mengatakan, pelatihan jurnalistik ini, niatan awalnya hanya agar para siswa mengetahui cara-cara menulis yang baik. Namun kemudian terbersit keinginan darinya untuk mewadahi para siswa untuk belajar menulis dan memahami bagaimana sebenarnya dunia dan profesi jurnalistik.

“Kami berharap, lewat pelatihan ini nantinya, para siswa tidak hanya mampu menulis dengan baik, tapi mampu melakukan tugas-tugas jurnalistik, seperti melakukan wawancara, mencari data, hingga menulis berita. Tujuan akhirnya bagi saya, para siswa mampu merencanakan sebuah terbitan untuk sekolah, atau minimal menghidupkan majalah dinding sekolah dengan karya-karya jurnalistik mereka,” jelasnya.

Untuk memaksimalkan hasil pelatihan jurnalistik ini, pihak sekolah menggandeng wartawan Harian Mercusuar, Jefrianto, untuk memberikan materi-materi terkait dunia jurnalistik kepada para peserta pelatihan. Pada pertemuan perdana, para peserta diberikan pemahaman tentang Kode Etik Jurnalistik yang menjadi pedoman profesi wartawan di Indonesia, manajemen peliputan, mulai dari menangkap isu, merencanakan peliputan, menentukan narasumber, membuat daftar pertanyaan wawancara, hingga mengenali bagian-bagian berita.

Akram mengatakan, pelatihan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan, hingga mencapai tujuan akhir pelaksanaannya. Pihaknya berharap, para pengurus OSIS yang mengikuti pelatihan ini mampu menyerap ilmu yang diberikan dengan baik dan menjadi agen penyebaran ilmu tersebut pada teman-temannya yang lain nantinya. JEF

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Komentar dinonaktifkan