MTsN 3 Palu Laksanakan Simulasi UNBK

  • Whatsapp
MTsN 3 Palu

BIROBULI SELATAN, MERCUSUAR – MTsN 3 Palu melaksanakan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK. Simulasi tersebut sebagai bentuk persiapan para siswa dalam menghadapi UNBK yang akan dilaksanakan pada Mei 2020 mendatang.

Simulasi UNBK tersebut dilaksanakan di MAN 2 Kota Palu selama dua hari mulai dari 13 – 14 Februari 2020. Tahun ini jumlah siswa MTsN 3 Palu yang akan mengikuti UNBK sebanyak 211 orang dari sembilan kelas.

Kepala MTsN 3 Palu, Munira Labalado mengatakan simuasi tersebut berjalan dengan lancar tanpa mengalami kendala sedikit pun. “Kita tahu bahwa madrasah kami saat ini masih menumpang di tanah kosong, sebab sebelumnya madrasah kami terkena bencana likuefaksi yang membuat 90 persen bangunan rusa, namun pelaksanaan tetap berjalan lancar,” katanya.

UNBK disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Kegiatan simulasi itu ini dibagi 3 sesi. Sesi 1 dimulai pukul 7.30 – 9.30 dan sesi ke 2 dimulai pukul 10.00 – 12.00 serta sesi ke-3 dimulai pukul 13.00 – 15.00. Tanggal 13, untuk pelajaran fikih dan alquran hadis dan tanggal 14, untuk pelajaran, sejarah kebudayaan Islam.

“Kita bersyukur, semua siswa dapat mengikuti dan mengerjakan soal dengan baik. Setiap ruang ada proktor, teknisi dan pengawas. MAN 2 Palu menyediakan 76 komputer,” terangnya, Sabtu (15/2/2020)

Dari hasil simulasi diperoleh nilai tertinggi mata pelajaran sejarah kebudayaan islam yaitu 92, alquran hadis 84 dan fiqih 74. 

Menurut siswa yang mengikuti sesi pertama, penjelasan yang diberikan oleh pengawas sudah jelas, lebih praktis ujian dengan mengunakan komputer daripada menggunakan kertas. Perasaannya mereka nyaman dalam mengerjakan dengan komputer walaupun awalnya mereka sempat nerves. Hampir semua siswa mengutarakan kalau AC nya dingin sekali. Semoga saat UNBK bulan Mei semuanya berjalan lancar tanpa ada kendala. UTM

Baca Juga