Mudik, Dinkes Siagakan Puskesmas Emergency

  • Whatsapp

LERE, MERCUSUAR- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palu menyiagakan Puskesmas emergency untuk melayani pasien kecelakaan lalu lintas pada waktu sedang melaksanakan mudik maupun arus balik lebaran di Kota Palu.

Demikian dikatakan, Kadis Kesehatan Palu, dr. Royke Abraham, Rabu (6/6/2018). Dia mengatakan, meski libur lebaran, namun operasional puskesmas tetap buka sejak 11 Juni sampai dengan 24 Juni, dengan jam pelayanan puskesmas pada pukul 08.00 wita sampai dengan pukul 11.00 wita selesai.

Berita Terkait

“Kecuali pelayanan Puskesmas emergency yang buka sampai pukul 22.00 wita,” jelasnya, Rabu (6/6/2018).

  1. Royke mengatakan, posko kesehatan emergency dan evaluasi kecelakaan lalu lintas di jalur rawan kecelakaan disiagakan di lima Puskesmas yakni Puskesmas Pantoloan, Puskesmas Tawaeli,Puskesmas Talise, Puskesmas Bulili dan Puskesmas Nosarara, dimana bukan puskesmas saja yang dibuka pelayanan daruratnya, namun beserta kesiapan mobil ambulance Nomoni dan petugas yang akan melayani pasien kecelakaan.
Pilihan Redaksi :  Demokrat Pecat 7 Kader, Wim Nasar: Musnahkan Sampai ke Akar

Selain Puskesmas Emergency, juga didirikan posko kesehatan terminal yang lebih dikhususkan untuk pelayanan kesehatan pengemudi dan pemudik, di Kota Palu hanya ada tiga posko terminal yakni posko Terminal Tipo, Terminal Mamboro dan Terminal Bulili.

“Pemeriksaan sopir kendaraan kita utamakan dalam menjamin keselamatan penumpang, terutama memastikan tidak dalam pengaruh alkohol dalam perjalanan,” ujarnya.

Selain itu, Dinkes juga dilibatkan dalam beberapa Pos Pengamanan, dianataranya terdapat di perempatan Jalan Cumi-cumi, Jalan Diponegoro, Patung Kuda, Palu Plaza, Jalan Emy Saelan, Jalan Towua, Jalan Basuki Rahmat.ABS

Baca Juga