Musrembang RKPD Balut Dimulai

  • Whatsapp
FOTO HLLLL MUSREMBANG BALUT

BALUT, MERCUSUAR – Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Banggai Laut (Balut) dimulai, setelah dibuka secara resmi oleh Bupati Balut, Sopyan Kaepa di aula Labotan Sosodek, Senin (1/3/2021). 

Musrembang bertema ‘Pemulihan Ekonomi Melalui Tatakelola Pemerintahaan yang Melayani, Pemerataan Infrastruktur dan Aksesibilitas Antar Wilayah Berbasis Kearifan Lokal yang Berbudaya’ itu, diawali di Kecamatan Bokan Kepulauan, Kecamatan Labobo dan Kecamatan Bangkurung.

Berita Terkait

Dalam sambutannya Bupati mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan dari desa yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di kabupaten, menyepakati dan mengelompokan kegiatan prioritas pembangunan desa yang berada di wilayah kecamatan berdasarkan tugas pokok dan dan fungsi SKPD di kabupaten.

“Musrenbang merupakan sarana dan forum multi pihak dalam menentukan prioritas kebijakan pembangunan daerah serta berfungsi sebagai bentuk komunikasi para pemangku kepentingan dalam mencapai kesepakatan bersama mengenai kegiatan pembangunan pada tahun 2022,” kata Bupati pada kegiatan yang turut dihadiri Wakil Bupati (Wabup), Ablit dan Sekkab, Ramli Nadjil itu.

Untuk mengakomodir usulan dari kecamatan, kata dia, dibutuhkan anggaran yang besar hingga perlu dievaluasi program yang menjadi prioritas. “Saat ini kondisi keuangan daerah kita sangat memprihatinkan, jadi usulan dari kecamatan masih dievaluasi,” terangnya.

Bupati berharap sinergitas seluruh pimpinan SKPD untuk mewujudkan yang sudah menjadi usulan program. Selain itu, DPRD bersama-sama eksekutif untuk menyelesaikan persoalan daerah. “Kalau cuma saya yang bekerja tentunya saya tidak mampu, sehingga mari kita bersama-sama bekerja untuk membangun daerah,” tutupnya. RM

Baca Juga