Musyawarah KNPI Palu – Wali Kota Minta Pemuda Jaga Kearifan Lokal

  • Whatsapp
Musyawarah KNPI

TANAMODINDI, MERCUSUAR – Wali Kota Palu, Hidayat membuka acara musyawarah DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Palu ke-VIII, bertempat di ruang rapat Bantaya Kantor Setda Palu, Sabtu (19/9/2020). Tema yang diusung dalam musyawarah tersebut bertajuk ‘menegakkan semangat pemuda dalam pembangunan Kota Palu yang berbudaya berbasis kearifan lokal’.

Olehnya, pada kesempatan itu Hidayat menyampaikan, pentingnya keterlibatan pemuda dalam mendukung dan menjaga nilai-nilai kearifan lokal di Kota Palu. “Mari kita bangun, kita rawat, serta kita hargai nilai-nilai kearifan lokal ini sehingga daerah kita akan aman dan damai,” harapnya.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Wim Bagi Sembako dan Jaring Aspirasi di Wana

Wali Kota Palu, Hidayat  mengatakan adat dan budaya yang diangkat dalam visi misi Pemerintah Kota Palu yakni Palu Kota Jasa Berbudaya dan Beradat Dilandasi Iman dan Taqwa adalah budaya dalam konteks nilai.

“Ada tiga nilai yang dimaksud antara lain nilai toleransi, kekeluargaan, dan kegotongroyongan yang sangat dijunjung tinggi oleh masyarakat Kaili dan merupakan intisari dari kelima sila yang ada di dalam Pancasila,” ungkapnya.

Menurutnya, jika melihat beberapa tahun lalu, di Kota Palu sering terjadi konflik-konflik antar warga, dan setelah tiga nilai tadi diwujudkan oleh Pemerintah Kota Palu, konflik-konflik tersebut hampir tidak lagi terjadi.

Namun demikian, menurut Hidayat potensi konflik tersebut masih rawan terjadi. Olehnya perlu kerjasama antara pemerintah, masyarakat, maupun para pemuda  untuk terus mewujudkan nilai toleransi, kekeluargaan, dan kegotongroyongan tadi.

Pilihan Redaksi :  Sigit Minta Maksimalkan Penyaluran Bantuan KUBE

Seraya menambahkan, ada empat aturan adat yakni tiga aturan adat yang mengatur hubungan manusia dengan manusia, baik ucapan, perilaku, dan perbuatan serta satu aturan yang mengatur hubungan manusia dengan alam.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI kota Palu Fitri Kenedi Mastura menyampaikan, terimakasih kepada wali Kota Palu yang sangat besar mendukung terselenggaranya musyawarah KNPI Kota Palu. Hadir pula ketua DPD KNPI Sulteng dan pengurus serta dari pejabat kepolisian dan tokoh organisasi kepemudaan dan stakeholder lainnya. ABS

Baca Juga