Nilam: Mari Berbenah dan Tingkatkan Kinerja

Pimpinan DPRD Sulteng Dilantik

0 46

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

PALU, MERCUSUAR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah resmi memiliki unsur pimpinan definitif. Hal itu ditandai dengan dilantiknya empat pimpinan DPRD Sulteng periode 2019-2024, melalui Sidang Paripurna Pengambilan Sumpah Jabatan Pimpinan DPRD Sulteng, di ruang sidang utama DPRD Sulteng, Rabu (16/10/2019).

 

Pada kesempatan tersebut Ketua Pengadilan Tinggi Sulteng mengambil sumpah para unsur pimpinan DPRD Sulteng, yakni Hj. Nilam Sari Lawira dari Partai Nasdem sebagai Ketua, serta para Wakil Ketua masing-masing H. Arus Abd Karim dari Partai Golkar, Hj. Zalzulmida A. Djanggola dari Partai Gerindra, dan Muharram Nurdin dari PDI Perjuangan. Momen pengambilan sumpah tersebut juga menjadi penanda sejarah, pertama kalinya perempuan memegang posisi pucuk pimpinan di DPRD Sulteng.

 

Dalam pidato pengukuhannya, Ketua DPRD Sulteng, Hj. Nilam Sari Lawira mengajak kepada seluruh anggota DPRD Sulteng untuk berbenah dan meningkatkan kinerja untuk merebut kepercayaan dari rakyat Sulteng. Hal itu menurutnya, karena belakangan ini posisi dewan dari pusat hingga ke daerah diakui sedang dalam keadaan yang kurang menggembirakan.

 

Ia menegaskan, fungsi, tugas, wewenang dan hak-hak dewan harus dipergunakan untuk memberi keyakinan pada rakyat, bahwa lembaga legislatif tersebut serta para anggotanya benar-benar bekerja sepenuh hati untuk rakyat, daerah dan NKRI.

 

“Berbagai gelombang protes berlangsung belakangan memberikan tanda bagi kita bahwa kita perlu berbenah baik secara personal maupun kelembagaan, meningkatkan kinerja untuk kembali merebut kepercayaan dari rakyat,” tegas Nilam.

 

Selain itu, Nilam juga mengingatkan bahwa seluruh anggota DPRD harus sadar posisi, kapasitas, peluang, kinerja dan produktivitas. Karena saat ini dewan memerlukan sebuah lompatan kinerja yang lebih produktif. DPRD Sulteng menurutnya, harus mampu menunjukkan tekad dan usaha yang sungguh-sungguh, demi visi besar menuju Sulteng yang terdepan, maju, aman, adil dan tangguh.

 

Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Sulteng, H. Rusli Baco Dg. Palabbi berpesan kepada para unsur pimpinan DPRD Sulteng untuk dapat menjadi kreator yang menginisiasi lahirnya inovasi di dewan, agar dapat meningkatkan kinerja lembaga tersebut.

 

“Maksimalkan semua alat kelengkapan Dewan secara efektif dan efisien. Bekerja dengan amanah dalam mewujudkan janji-janji berupa program dan kebijakan yang mendukung visi pembangunan Provinsi Sulteng,” ujar Rusli.

 

Selain itu, Rusli juga berharap agar para pimpinan DPRD Sulteng dapat terus membangun komunikasi yang baik dengan para anggota, sehingga mampu mempercepat tugas-tugas pelayanan dewan, serta bersinergi dengan Gubernur dan para pimpinan lembaga lain di Provinsi Sulteng. CR1

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish