Operator Tenaga Medis Dilatih Program Alpukat

  • Whatsapp
Layanan Alpukat

DONGGALA KODI, MERCUSUAR – Staf Ahli Bidang Sosial Budaya, Usman menghadiri sekaligus membacakan sambutan pada acara pembukaan pelatihan operator bagi puskesmas dan rumah sakit yang menjalankan program layanan Anak Lahir Bawa Pulang Akta Lahir (Alpukat), Selasa (30/3/ 2021).

Dalam sambutannya, Usman mengatakan pada hakekatnya pemerintah berkewajiban memberikan perlindungan dan pengakuan atas status hukum atas peristiwa kependudukan maupun peristiwa penting yang di dalami penduduk.

Berita Terkait

Undang Undang nomor 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan Administrasi kependudukan sebagai suatu sistem, bagi penduduk diharapkan dapat memberikan pemenuhan atas hak-hak administratif penduduk dalam pelayanan publik serta memberikan perlindungan yang berkenaan dengan penertiban dokumen kependudukan tanpa ada perlakuan yang diskriminatif melalui peran aktif pemerintah dan pemerintah daerah.

Pilihan Redaksi :  Mayday, BPJamsostek Serahkan Beasiswa

Salah satu program dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui kerjasama dengan Rumah sakit di kota palu yang dinamai Alpukat yaitu anak lahir pulang bawa akte kelahiran

Kefiatan itu difasilitasi Unicef dan Yayasan Karampuang sebagai upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan cakupan pencatatan akta kelahiran di Kota Palu untuk memenuhi hak dasar anak dimana jika anak tidak memiliki akte kelahiran, dan tidak memiliki dokumen kependudukan.

Menurutnya jika anak anak tersebut tidak tercatat, yaitu berarti anak anak tidak di perhitungkan, misalnya ketersediaan jumlah vaksin, jumlah guru, anak-anak ini juga berpotensi terhadap beberapa pelanggaran hukum termasuk eksploitasi.

Pilihan Redaksi :  ACT Sulteng dan Global Zakat  Salurkan Paket Pangan, Lebaran dan Zakat Fitrah di Sulteng

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, Kepala Puskesmas se Kota Palu, Manager Yayasan Karampuang, para peserta pelatihan, serta tamu undangan lainnya. ABS

Baca Juga