Operator Web-GIS Dituntut Handal dan Bertanggungjawab

0 53

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

TANAMODINDI, MERCUSUAR – Asisten III Pemkot Palu, Ir Muchlis A Umar M.Si, mewakili Wali Kota Palu,  membuka pelatihan operator sistem informasi potensi sumber daya daerah berbasis Web-GIS (Geografic Information System) di ruang rapat Bantaya, Kantor Wali Kota Palu, Rabu (25/7/2018). Hadir pula Kepala Dinas Kominfo Kota Palu, Ichsan Hamsah dan Kepala Balitbanda Kota Palu, Syamsul Saifudin.

Dalam sambutannya, Asisten III Pemkot Palu, berharap agar para operator di semua OPD dan kecamatan serta kelurahan, agar benar-benar menjadi operator Web-GIS yang handal, dan diharapkan tetap bekerja dengan penuh rasa tanggungjawab.

Sementara itu, Kadis Kominfo kota Palu, Ichsan Hamsah mengatakan, Web-GIS merupakan aplikasi Geographic Information System (GIS) yang dapat diakses secara online melalui internet. Pada konfigurasi Web-GIS, ada server yang berfungsi sebagai MapServer, yang bertugas memproses permintaan peta dari client dan kemudian mengirimkannya kembali ke client.

Dalam hal ini pengguna/client tidak perlu mempunyai software GIS, hanya menggunakan internet browser seperti Internet Explorer, Mozilla FireFox, atau Google Chrome, untuk mengakses informasi GIS yang ada di server. Dirinya menambahkan, manfaat dari Website GIS salah satunya adalah mempermudah kita untuk melihat suatu persebaran data yang ada di semua bidang kerja, baik di OPD kecamatan dan kelurahan di kota Palu. JEF/*

 

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish