Pangdam Berencana Bangun Kodim di Donggala

0 66

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

DONGGALA, MERCUSUAR – Panglima Komando Daerah Militer XIII Merdeka, Mayor Jenderal TNI Tiopan Aritonang berkunjung ke Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah dalam rangka meninjau lokasi pembangunan kantor Komando Distrik Militer (Kodim) 1306 Donggala.

Kedatangan Pangdam Tiopan bersama istri Tio Linda Sari Manurung ini diterima Bupati Donggala, Kasman Lassa di ruang kerjanya, Senin (10/6/2019) pada hari kerja pertama setelah menjalani libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Pangdam menjelaskan bahwa kedatangannya ke kabupaten tertua di Sulteng ini terkait rencana pembangunan Kodim 1306 di Donggala, karena sejak ibu kota Donggala kembali ke Banawa, kantor Kodim 1306 Donggala masih berada di Kota Palu.

Bagaimana proses rencana pembangunannya?

Jenderal bintang dua itu menjelaskan bahwa bupati akan menyiapkan lokasinya yang dihibahkan kepada TNI.    

“Kita laporkan ke angkatan darat. Angkatan darat nanti turunkan tim. Apabila setuju, kita anggarkan dan mudah-mudahan tahun 2020 sudah bisa dibangun dan akhir 2020 sudah ada kantor Kodim di sini,” ujarnya.

Sementara Bupati Donggala, Kasman Lassa sangat menyambut baik rencana pembangunan Kodim ini, disebabkan kantor Kodim 1306 yang masih berada di Kota Palu akan segera pindah ke Donggala dalam waktu yang tidak terlalu lama.

“Kalau saya diperintahkan untuk menyiapkan lahan sudah pasti saya akan urus sampai tuntas, supaya Kodim itu kembali ke Donggala karena sejarah mengatakan seperti itu,”  ujar bupati yang didampingi Wabup Moh. Yasin.

Lalu di mana rencana lokasi bangunan Kantor Kodim ini?

Pemkab Donggala merencanakan di wilayah Kecamatan Banawa. Beberapa alternatif lokasi sudah ditawarkan, antara lain di wilayah Kelurahan Ganti.

“Ada dua alternatif, di Lapaloang atau di lapangan golf. Tinggal dipilih,” terang bupati.

Namun alternatif lain juga ditawarkan bupati kepada Pangdam, yaitu: Kantor Koramil Banawa yang bisa dipugar menjadi Kantor Kodim 1306 Donggala. 

Kantor Kormil Banawa yang bersebelahan dengan Kantor Camat Banawa di Kelurahan Gunung Bale dinilai bupati juga sangat tepat menjadi Kantor Kodim Donggala. Sehingga bila rencana ini terwujud maka Kantor Camat Banawa akan dipindah ke kelurahan lain.

“Di situlah Kodim. Jadi di tengah Kantor Bupati.  Disebelah kanannya Kodim disebelah kirinya Polres Donggala,” terangnya. HID 

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish