Pantai Bambarano, Sepotong Surga di Pantai Barat Donggala

0 166

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

DONGGALA, MERCUSUAR – Sebagai daerah pesisir, wilayah Kabupaten Donggala, trutama pesisir pantai barat, banyak menyimpan keindahan alam pantai. Keindahan pesisir yang cukup poluler sebelumnya adalah Pantai Tanjung Karang dan Pantai Kaluku, yang masing-masing terletak di Kecamatan Banawa dan Kecamatan Banawa Tengah.

 

Kini muncul lagi keindahan alam pesisir bernama pantai Bambarano, yang terletak di Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala. Saking indahnya, pengunjung menyebut pantai ini adalah sepotong surge yang tersembunyi. Pantainya berpasir putih dan indah, juga dipercantik dengan tebing-tebing batu di pesisir pantai.

 

“Hampir tidak pernah sepi pengunjung di sini. Tetapi di sini belum ada penginapan,” kata Fanti, Warga Desa Talaga, Kecamatan Dampelas, Jumat (23/8/2019).

 

Dirinya berkeinginan mendirikan penginapan dan kafe di sekitar Bambarano, untuk memudahkan pengunjung menginap dan mencari makanan, sehingga tidak perlu membawa dari Palu atau tempat asal masing-masing.

 

“Saya kalau ada uang, mau buka kafe di sini. Di sekitar Bambarano ini, kedepan akan ramai. Keindahan alam di sini tidak kalah dengan Pantai Tanjung Karang,” jelasnya.

 

Eksotisme pantai itu tidak diragukan lagi, selain pasirnya yang putih, pantai ini juga memiliki ikon tersendiri yang tidak dimiliki pantai-pantai lainnya di Sulteng, yakni bongkahan batu yang menjulang tinggi dan pepohonan memang menjadi salah satu daya tarik pantai, yang juga sekaligus menjadi pertemuan air laut dan tawar ini

 

Salah seorang warga sekitar, Fadli mengatalkan, bagi yang hobi menyelam atau sekedar merasakan sensasi berenang di antara batu-batu yang tumbuh dari dalam laut, pantai Bambaranolah tempatnya.

Terumbu karangnya yang masih terjaga dan dihuni oleh ratusan spesies ikan laut, memang menjadi surga bagi mereka yang hobi menyelam.

 

Pantai ini terletak kira-kira 145 km arah utara Kota Palu, dengan waktu tempuh sekitar tiga jam, dengan menggunakan kendaraan roda empat dan roda tiga. Lokasi ini cocok untuk liburan akhir pekan, bersama saudara dan rekan kerja. Biasanya wisatawan membawa tenda untuk berkemah di pinggir pantai. TUR

 

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish