Paud HI – Wujudkan Anak Sehat, Cerdas dan Berkarakter

  • Whatsapp
FOTO WABUP PARMOUT

PARMOUT, MERCUSUAR – Pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) dilakukan secara simultan, sistematis, menyeluruh, terintegrasi dan berkesinambungan, untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal demi mewujudkan anak yang sehat, cerdas dan berkarakter sebagai generasi masa depan yang berkualitas dan kompetitif. 

Demikian dikatakan Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong (Parmout), H Badrun Nggai saat membuka Sosialisasi dan Advokasi Kebijakan Pemerintah Daerah Terkait Gugus Tugas PAUD-HI di ruang rapat lantai II kantor Bupati, Kamis (17/9/2020).

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Bansos Beras PKH - Target Penyaluran Bergeser

Dikatakannya, Peraturan Presiden serta norma, standar, prosedur dan kriteria PAUD HI menitiberatkan pada tugas dan tanggung jawab dari semua pihak yang dilaksanakan secara terintegrasi dan menyeluruh terhadap hak tumbuh kembang anak usia dini.

Olehnya itu, Wabup berharap Dinas Pendiudikan dan Kebudayaan (Disdikbud) segera membentuk tim gugus tugas agar stekholder terkait bertanggung jawab pada tugas poko dan fungsinya untuk melaksanakan tugas lebih baik dan efisien dalam pelayanan pengembangan anak usia dini. 

“Selaku pemerintah daerah saya menghimbau kepada seluruh kepala OPD agar berkomitmen untuk hadir di satuan PAUD sesuai fungsi dan perannya,” tandas Wabup. 

Sementara itu Kepala Disdikbud Parmout, Adruddin  Nur mengatakan terbitnya Peraturan Presiden Nomor: 60 Tahun 2013 tentang PAUD HI, maka semua lintas sektor memiliki tugas dan fungsi masing-masing untuk hadir di PAUD dalam rangka pemenuhan tumbuh kembang anak.

Pilihan Redaksi :  Sejumlah Desa Tak Bisa Bayar BLT-DD

Lanjutnya, kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan jumlah satuan PAUD yang memiliki layanan terintegrasi PAUD HI melalui kolaborasi dan sinergitas lintas sektor.

“Mengingat pentingnya pencapaian PAUD HI sebagai ukuran mutu pendidikan PAUD, Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong menginisiasi kegiatan ini” kata Adruddin Nur pada kegiatan yang diikuti 35 peserta, antara lain Polres Parmout, Bunda PAUD, Kepala OPD terkait, Ketua Himpaudi, Pengawas TK, penilik PAUD, Ketua IGTKI, serta sejumlah Kepala Puskesmas itu. TIA

Baca Juga