Pelaksanaan UNBK Mengalami Kendala Secara Beruntun

4

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

PALU, MERCUSUAR – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP Al Azhar Mandiri Palu, ternyata mengalami kendala secara berturut-turut, dari hari pertama hingga hari ketiga. Persoalan tersebut berasal dari jaringan yang mereka gunakan untuk pelaksanaan UNBK.

Hari pertama, kendala terparah yang mereka alami karena terdampak pada dua sesi, yaitu sesi pertama dan sesi kedua. Sesi pertama mengalami kendala jaringan, hingga memakan waktu satu jam, yang membuat para siswa khawatir tidak bisa ikuti UNBK, sementara untuk sesi kedua lebih parah lagi, karena pada akhir-akhir waktu ujian, jaringan kembali terputus. Hal tersebut membuat sejumlah siswa menangis, karena takut jawaban mereka hilang.

Sementara pada hari kedua, hal tersebut kembali terjadi untuk sesi ketiga, tetapi hanya 30 menit. Walaupun begitu, sekolah dan siswa juga sempat khawatir, karena takutnya siswa tidak bisa melaksanakan UNBK. Pada hari ketiga, jaringan kembali bermasalah pada sesi pertama, yang membuat siswa terpaksa harus menunda ujian beberapa menit. Untung saja langsung datang teknisi untuk memperbaiki jaringan tersebut.

Ketua Panitia UNBK SMP Al Azhar Mandiri Palu, Sumarni, mengaku sangat khawatir dengan kendala yang kami rasakan selama tiga hari berturut-turut.

“Ini pertama kalinya kami alami, karena tahun sebelumnya pelaksanaan UNBK di sekolah ini berjalan lancar. Pada hari pertama memang ada surat dari Kemendikubud tentang persoalan jaringan, tetapi hari kedua dan ketiga sudah tidak ada. Semoga ini bisa menjadi perhatian pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik untuk pelaksanaan UNBK di sekolah,” katanya, Rabu (25/4/2018).

Kendala itu memang membuat sekolah menjadi khawatir, ditambah lagi para siswa harus menangis karena mereka mengerjakan UNBK, tetapi di pertengahan jaringan kembali terputus. Sementara untuk proses masuk kembali, membutuhkan waktu lama, karena harus kembali mengganti token atau password para siswa.

“Kami hanya bisa berharap, agar pada hari terakhir pelaksanaan UNBK bisa berjalan lancar, tanpa adanya kendala seperti hari pertama hingga hari ketiga. Sebab UNBK ini sebagai ujian para siswa dalam mendapatkan hasil sebelum lulus sekolah,” tutupnya. UTM

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Komentar dinonaktifkan