Pembangunan SMK Pariwisata di Desa Lebo

  • Whatsapp
desain-sekolah-modern-dan-elegan

PARMOUT, MERCUSUAR – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Longki Djanggola, Selasa (25/9/2018) kemarin, melakukan peletakan batu pertama pembangunan SMK di Desa Lebo, Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong (Parmout).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulteng, Irwan Lahace, di antaranya melaporkan, pembangunan gedung SMK Negeri Pariwisata Parigata, Kabupaten Parmout, berdasarkan kesepahaman pejabat pembuat komitmen dengan Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud RI dan panitia pendiri SMK Negeri Pariwisata Parigata Kabupaten Parmout.

Menurutnya pemberian nama SMK Negeri Pariwisata Parigata tersebut, atas inisiasi ibu anak harapan bangsa Sulteng, Zalzulmidah A Djanggola.

Di mana kata Irwan, sesuai anggaran, yang akan dibangun pada tahap pertama ini yaitu 1 unit bangunan kantor, 6 unit ruang kelas, ruang perpustakaan 1 unit, ruang praktek siswa 1 unit dengan jumlah anggaran sebesar kurang lebih Rp2 milyar.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Parmout, Badrun Nggai,.dalam sambutannya mengatakan, atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Parmout memberikan apresiasi kepada panitia pembangunan dan Pemerintah Provinsi Sulteng atas dilaksanakannya pembangunan 1 unit gedung baru SMK Negeri Pariwisata Parigata.

Menurutnya Pemerintah Kabupaten Parmout memberikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulteng dan ibu anak harapan bangsa Sulteng, yang juga salah satu anggota DPRD Provinsi Sulteng, atas upaya dan usaha tersebut, sehingga pada hari ini akan dilaksanakan pembangunan gedung SMK Negeri Pariwisata Parigata.

Selain itu, pihaknya berharap, terkait dengan dibangunnya 1 unit bangunan baru SMK Negeri Pariwisata Parigata di Desa Lebo, akan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan baik, terutama untuk meningkatkan SDM bagi generasi yang siap pakai, di masa yang akan datang.

Sementara itu Gubernur Sulteng, Longki Djanggola  mengatakan, pembangunan gedung SMK Negeri Pariwisata Parigata di Desa Lebo, adalah sebagai wujud upaya pemerintah daerah Provinsi Sulteng, dalam menjabarkan visi misinya. Di mana kata dia, di masa pemerintahannya akan memprioritaskan pembangunan sekolah kejuruan.

“Di tahun ini Pemerintah Provinsi Sulteng, akan membangun 3 SMK Negeri yaitu SMK Negeri Pariwisata Parigata di Parigi Moutong, SMK Negeri Industri di Bungku, dan SMK Industri di Toili.

Olehnya itu, pihaknya berharap kepada pemerintah Kabupaten Parmout, untuk segera melakukan penyelesaian lahan warga yang akan dibangun 1 unit gedung SMK, menurutnya sampai saat ini tempat yang akan dijadikan pembangunan gedung sekolah kejuruan belum dldiselesaikan pembayarannya.

Olehnya itu, dengan dibangunnya sekolah kejuruan ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh warga masyarakat Parmout, karena menurutnya bangunan ini diperuntukan untuk menyiapkan sumberdaya manusia bagi generasi muda yang siap pakai sehingga bangunan sekolah tersebut kedepannya mampu mengurangi pengangguran di daerah ini. TIA

 

Baca Juga