Pemerintah Kecamatan Tawaeli Luncurkan Kampung Tangguh Segara

  • Whatsapp
received_3983822961679650

PALU, MERCUSUAR – Pemerintah Kecamatan Tawaeli bersama Pangkalan Sarana Operasi Bea Cukai tipe B Pantoloan dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompincam) dan Kecamatan Tawaeli, meluncurkan Kampung Tangguh Segara, Kamis (25/2/2021). Peluncuran kampung tangguh Segara ini dilaksanakan di Kompleks Pangkalan Sarana Operasi Bea Cukai tipe B Pantoloan, RT 08/ RW 04, Kelurahan Baiya, Kecamatan Tawaeli. 

Kepala Pangkalan Sarana Operasi Bea dan Cukai tipe B Pantoloan, Asep Ridwan, dalam sambutannya menyampaikan, merupakan suatu kehormatan kompleks ini dicanangkan sebagai kampung tangguh. Pembentukan kampung tangguh ini kata dia, butuh dukungan semua unsur yang ada di wilayah Kecamatan Tawaeli. 

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Sidak di Kelurahan Talise- Wali Kota Mengaku Kecewa

Penanganan COVID-19 kata dia, harus dimulai dari kesadaran diri sendiri, bagaimana kita menjaga lingkungan kita agar terbebas dari pandemi. Untuk wilayah kompleks Pangkalan Sarana Operasi Bea Cukai tipe B Pantoloan sendiri kata dia, penanganan COVID-19 dilakukan sedini mungkin, berkoordinasi dengan fasilitas kesehatan terdekat. 

Kapolsek Palu Utara, Iptu Rustang dalam sosialisasi terkait kampung tangguh ini mengatakan, kampung tangguh Segara ini merupakan pilot project kolaboratif antara pihak pemerintah kecamatan, kelurahan, RT/RW, TNI/Polri, serta unsur lainnya. Kampung tangguh sendiri kata dia, dicanangkan untuk mendorong masyarakat berinisiatif mengatasi masalah secara mandiri, dalam menangkal pandemi virus berbahaya.

Pemenuhan secara mandiri oleh masyarakat itu kata dia, mulai dari penyediaan ruang isolasi, posko kesehatan, dapur umum, hingga lumbung pangan yang dapat dimanfaatkan secara bersama.

Camat Tawaeli, Moh. Affandi dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih dan mengapresiasi adanya kampung tangguh ini. Pihaknya berharap peluncuran kampung tangguh ini dapat menjadi inspirasi untuk kelurahan lainnya di Kecamatan Tawaeli. 

Peluncuran kampung tangguh ini ditandai dengan peresmian oleh Camat Tawaeli, serta kunjungan rombongan ke kebun toga, kebun hidroponik, serta fasilitas isolasi mandiri yang disiapkan di kampung tangguh. JEF

Baca Juga